blank
Sebelum keliling kota ngonthel kemerdekaan, para anggota Oglek berdoa untuk mengenang arwan dan jasa para pahlawan dalam menyambut HUT ke-75 RI. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Beragam kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke-75 Kemerdekaan RI, banyak dilakukan dengan cara yang unik dan menarik. Seperti yang dilakukan komunitas pecinta sepeda tua, yang tergabung dalam Organisasi Genjot Lawas Kali Jaga (Oglek), Kabupaten Demak, Minggu (16/8/2020).

Komunitas ini menyelenggarakan kegiatan ngonthel bareng bertemakan kemerdekaan dengan kostum seorang pejuang. Berpenampilan ala pejuang dimaksudkan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta Tanah Air.

Kurang lebih 20 orang berkumpul di Alun-alun Simpang Enam Demak, dengan berbagai kostum bertemakan perjuangan tempo dulu. Mereka melengkapi sepedanya dengan Bendera Merah Putih, dan berhias dengan perlengkapan tempur zaman dulu.

BACA JUGA : Polisi Tangani Teror Kembang Api di Rumah Bupati

Humas Oglek Rudy Ryan mengatakan, kegiatan ngonthel kemerdekaan ini mewajibkan para anggotanya berkostum perjuangan. ”Dengan berkostum tema perjuangan, kita kenang kembali jasa para pahlawan yang berjuang hingga menghantarkan kemerdekaan. Selain itu, untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme pada anggota dan memotivasi masyarakat yang melihatnya, untuk cinta Tanah Air,” jelas Rudy, di sela-sela acara.

Menurut dia, meski saat ini Indonesia sedang dilanda pandemi yang berdampak pada setiap sendi kehidupan masyarakat, dengan ngonthel kemerdekaan ini diharapkan akan menunjukkan bahwa bangsa ini masih memiliki semangat, motivasi dan kembali bangkit untuk negeri.

Sementara itu, Ketua Oglek Sunu Dwi Sudarso menyampaikan, keberadaan sepeda jadul tidak lepas dari sejarah perjuangan bangsa. ”Untuk itu, selain menjaga kelestarian sepeda jadul ini, kita juga mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan negeri ini,” ungkap dia.

Pada kegiatan itu, sebelum berangkat mengayuh keliling Kota Wali, para anggota Oglek menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan memanjatkan doa untuk arwah para pahlawan, yang telah gugur dalam berjuang merebut kemerdekaan Indonesia.

Rudy-Riyan