Tugas PPDP tahun ini dilakukan 'door to door' dengan menerapkan protokol kesehatan. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang melaksanakan pencocokan dan penelitian di daerah tugasnya masing-masing akhirnya dapat menyelesaikan kewajibannya tersebut sesuai dengan jadwal yakni 13 Agustus 2020.

“Saat ini sudah selesai tahapan pencocokan dan penelitian. Dalam jangka waktu 15 Juli-13 Agustus 2020, PPDP sudah melakukan secara door to door ke rumah pemilih untuk melakukan pencocokan data pemilih. Meskipun saat ini pada masa pandemi tetapi mereka tetap bekerja penuh dedikasi dan integritas. Selama pelaksanaan, kami menemukam ada dua PPDP yang menyelesaikan coklit dalam kurun waktu kurang dari satu minggu,” jelas M. Machruz.

Machruz menyebutkan, dua PPDP tersebut yakni Dian Herlinawati (29) dan Ariyanto (48). Keduanya berasal dari Desa Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon dan Desa Padas, Kecamatan Kedungjati. Pihaknya juga sempat bertanya-tanya tentang kecepatan keduanya melaksanakan tugas coklit tersebut.

“Ternyata mereka cepat selesai, karena dilaksanakanĀ  dengan penuh waktu dari pagi sampai malam selama kurang dari satu minggu,” kata Machruz, menerangkan alasannya.

Selama pelaksanaan, pihaknya juga melakukan pelaporan periodik, yang dilihat dari hasil pelaporan periodik para PPDP ini. Machruz menjelaskan, mereka sudah melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

“Dari laporan periodik ini, kami juga melihat para PPDP melaksanakan tugasnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal itu yang sesuai dengan harapan kami,” jelas M. Machruz.

Ariyanto, warga Desa Padas yang menyelesaikan coklit dalam kurun waktu kurang dari sepekan. Foto :ist.

Lega

Seluruh PPDP yang melaksanakan tugas selama hampir satu bulan ini mengaku sudah lega sebab mereka sudah menyelesaikan tugas coklit data pemilih sudah selesai seluruhnya.

“Alhamdulilah sudah selesai. Saya sudah dua kali jadi PPDP di lingkungan RT saya. Tidak ada kesulitan selama di lapangan sebab RT yang saya coklit ini sudah hafal. Kedua, sebagian besar saya hafal,” ujar Hermawan, salah satu PPDP dari Kecamatan Tawangharjo.

Apresiasi

Sementara itu, Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo turut mengapresiasi tugas PPDP sejak 15 Juli -13 Agustus 2020 ini. Meski di tengah pandemi Covid-19, mereka tetap bersemangat melaksanakan kewajibannya.

“Apresiasi yang luar biasa buat teman-teman PPDP. Dalam kondisi pandemi Covid-19, masih memberikan dedikasi tinggi yakni tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. Saya terharu dan salut buat semua teman-teman PPDP. Tak kalah pentingnya masyarakat secara umum menerima mereka dengan baik,” katanya.

Agung berharap, ke depan dengan dukungan masyarakat pemilih, penyelenggara, peserta Pilbup Grobogan 2020 berjalan aman, lancar dan sukses..

Hana eswe-trs