blank
Ketua KOWPAS, Ruslina Dwi Wahyuni SSos, MAP (Lina).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Warga masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Wonogiri Peduli ASI (KOWPAS), siap sukseskan program nasional Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Program IMD diluncurkan pemerintah, sebagai kiat menurunkan angka kematian bayi.

Demikian dikemukakan Ketua dan Sekretaris KOWPAS, Ruslina Dwi Wahyuni SSos, MAP dan Mami Eva Novayani SSos, Selasa (11/8), berkaitan dengan peringatan Pekan ASI se dunia Tahun 2020. Dijelaskan, program nasional IMD adalah program pemberian ASI eksklusif secara langsung kepada bayi setelah lahir.

Program IMD, bertujuan menurunkan angka kematian bayi. Berkaitan ini, KOWPAS telah melakukan komunikasi secara intens untuk membentuk komunitas. Juga melakukan serangkaian kegiatan untuk mendukung keberhasilan program pemberian ASI eksklusif di Kabupaten Wonogiri.

”Langkah kami membentuk KOWPAS, sebagai bentuk kepedulian untuk ikut mendukung program pemerintah tentang IMD dan ASI eksklusif,” ujar Lina (panggilan akrab Ruslina Dwi Wahyuni). Harapannya, KOWPAS bisa ikut meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang IMD dan ASI eksklusif.

Melakukan Edukasi
Menurut Lina, beberapa rencana program kerja KOWPAS diantaranya akan melakukan edukasi kepada ibu-ibu hamil, kepada ibu-ibu menyusui dan kepada masyarakat. Terkait ini, Sekretaris KOWPAS, Mami Eva Novayani, menambahkan, KOWPAS ingin menjalin sinergi dengan tim penggerak PKK dari tingkat kabupaten sampai desa. Juga dengan jajaran Dinas Kesehatan, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, dan seluruh lapisan masyarakat.

blank
Sekretaris KOWPAS, Mami Eva Novayani SSos (Eva).

”Target kami, bisa mengedukasi ASI eksklusif kepada keluarga terdekat, kepada teman, kepada tetangga dan kepada masyarakat Wonogiri secara luas,” tandas Eva (panggilan akrab Mami Eva Novayani). Eva yang penyiar radio ternama di Wonogiri ini, menambahkan, mengingat kondisinya sekarang masih pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19, edukasi dilakukan melalui media online.

Eva, menyebutkan, personel KOWPAS terdiri atas Setiya Widarti SSos dan Makhda Intan Sanusi SH, ME (Divisi SDM), Anggraini Puspita Sari SH, MH, (Divisi Hukum), Eka Yuni Purwanti SPd.I, M.Pd dan Mutia Azizah N SE, SyM (Divisi Edukasi) dan Nadhiroh S.Sos, IMI Kom (Divisi Komunikasi).

”Bagi warga masyarakat yang berminat gabung KOWPAS, bisa menghubungi Sekertariat di Jalan Cempaka Pokoh, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri. Kami menerima anggota baik laki-laki maupun perempuan,” jelas Eva.

Bambang Pur