blank
Bhabinkamtibmas Desa Pilang Brigadir Suseno, saat membantu bidan desa dalam imunisasi dan timbang badan balita. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Untuk meminimalisasi penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Blora, Polres setempat terus melakukan berbagai upaya. Kegiatan sinergitas terus dilakukan dengan berbagai pihak, untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Pilang, Polsek Randublatung, Brigadir Suseno, Senin (10/8/2020), yang melakukan pendampingan Posyandu di desa itu.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan SIK melalui Kapolsek Randublatung AKP Subardo SH MHum mengatakan, pendampingan perlu dilakukan untuk memastikan kelancaran jalannya Posyandu, serta memastikan penerapan protokol kesehatan, terutama Posyandu yang digelar di tengah pandemi covid-19.

BACA JUGA : Episode Baru AMSB, Perjuangkan DBH Migas Blok Cepu

”Kita lakukan pendampingan, dengan tujuan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan. Jadi kegiatan bisa terus berjalan, dan aman dari covid-19,” ucap AKP Subardo.

Brigadir Suseno mengungkapkan, selain tugas utama menjaga situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif di wilayah binaan, pihaknya juga aktif dalam membantu kegiatan Posyandu, sekaligus sosialisasi penerapan protokol kesehatan.

”Kita ingatkan warga, agar disiplin dalam menerapkam protokol kesehatan. Contoh kecil adalah pemakaian masker saat keluar rumah, dan budaya cuci tangan pakai sabun setiap selesai beraktivitas,” ucap Bhabinkamtibmas.

blank
Brigadir Suseno saat memantau kegiatan di Posyandu Rahayu, di wilayah RT 03/08 Desa Pilang, Kecamatan Randublatung, Blora. Foto: wahono

Koordinasi
Sementara itu bidan desa, Suci Sari Kurniawati AMd Keb menambahkan, selain dari faktor makanan, kekebalan tubuh balita bisa menurun karena cuaca yang sering burubah-ubah, sehingga penyakit mudah masuk pada tubuh Balita.

Maka dari itu, bidan desa bersama Bhabinkamtibmas berkoordinasi untuk melaksanakan kegiatan Posyandu, guna mengecek warga sejauh mana perkembangan balita yang ada di Desa Pilang, Kecamatan Randublatung.

”Dalam kegiatan ini, kami melakukan beberapa metode posyandu, seperti konsultasi pada ibu dan bayi, penimbangan, pemberian gizi serta imunisasi,” pungkasnya.

Wahono-Riyan