blank
Guru dan Staf SMPN 1 Semarang sedang mempersiapkan pembagian daging Kurban Kepada Warga (WN/Dok. SMPN 1 Semarang)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Hari Raya Iduladha 1441 Hijriyah merupakan momen yang berharga bagi SMPN 1 Semarang untuk mengajak para siswa berbagi dengan warga yang lebih membutuhkan.

Dimana, SMPN 1 Semarang yang berlokasi di Jalan Ronggolawe Timur, Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat tersebut, membagikan 300 lebih bungkus daging kepada masyarakat sekitar sekolah.

Ketua panitia, Arif Saefudin mengatakan, kegiatan pemotongan hewan kurban memang sudah menjadi kegiatan tahunan dari sekolah.

SMPN 1 Semarang selalu membagikan beberapa kantung daging untuk masyarakat. Hal iItu dimaksudkan untuk bisa berbagi terhadap sesama, dan juga bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar sekolah terlebih dimasa pandemi covid-19.

“Tahun ini hewan kurban yang disembelih ada lima sapi dan empat kambing. Hewan kurban tersebut, dari guru, orang tua siswa dan siswa,” ucapnya kepada awak media di Semarang, Sabtu (1/08/2020).

Arif menjelaskan, dari pemotongan hewan kurban tersebut, terkumpul 300 lebih kantung daging. Jadi, selain memberikan masyarakat sekitar, ada juga kantung daging yang diberikan ke lingkungan sekolah, terutama untuk siswa.

“Kantong daging yang dibagikan ke warga, sebelumnya sudah disebar kupon terlebih dahulu ke warga dengan koordinasi dengan pengurus lingkungan setempat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Semarang, Nining Sulistyaningsih menjelaskan, meski dimasa pandemi covid-19, SMPN 1 Semarang tetap melaksanakan kegiatan Idul Kurban namun tidak menyelenggarakan sholat id, tetapi untuk pembagian hewan kurban tetap dilaksanakan.

“Momen Iduladha yang merupakan hari baik, tentunya harus bisa membagikan kebaikan juga untuk orang banyak. Oleh karena itu, ada pembagian daging kurban ke masyarakat sekitar sekolah terutama terdampak covid-19.

Nining menambahkan, dalam proses pembagian daging kurban kepada masyarakat dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

“Diharapkan pula momen Iduladha juga dapat memberikan edukasi ke siswa, yakni siswa dilatih untuk sosial dan berlatih berkurban,” pungkasnya.

Hidayat SB