blank
Personel prajurit dari Koramil Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri, berembug bersama relawan dan warga, untuk merancang prototipe rumah mungil untuk Ny Suginem.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Ny Suginem (54), warga Dusun Tengger RT 01/RW 05, Desa Golo, Kecamatan Puhpelem (sekitar 70 Kilometer arah timur laut Kota Wonogiri), menjalani hidup berpindah-pindah layaknya tunawisma. Ini dilakukan, karena sebagai janda miskin, Suginem tidak mempunyai rumah dan tidak berkemampuan membangun rumah.

Menyikapi hal tersebut, warga masyarakat bersama prajurit TNI-AD dari Koramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri, bersama para relawan kemanusiaan terketuk untuk membuatkan rumah. Melalui musyawarah warga, dihasilkan kesepakatan bersama dengan perangkat desa, untuk membuatkan rumah tempat tinggal Ny Suginem.

Pembangunan rumah mungil berukuran 4 X 6 Meter direalisasikan dengan menempati di tanah kas desa. Anggota Koramil-24 Puhpelem yang dipimpin Batuud Pelda Bambang dan Babinsa Serda Parjito, tampil memprakarsai kerja gotong-royong bersama pamong desa dan warga, serta para relawan.

Pindah-pindah
Pelda Bambang, menjelaskan, Ny Suginem, selama ini hidup dengan cara menumpang pada rumah tetangga orang lain secara berpindah-pindah. Terkahir, dia bermukim di Lumbung Desa, setelah tidak kerasan numpang di rumah orang, karena pemilik rumah merasa tidak nyaman oleh keberadaannya.

blank
Pembangunan rumah untuk Ny Suginem mulai direalisasikan dengan menempati tanah kas desa di dekat gedung PAUD Dusun Tengger.

Sebagai solusinya, kini dibangun rumah untuk Ny Suginem di dekat gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ‘Sakura-1’ Dusun Tengger. Beaya pembangunannya, diperoleh dari sumbangan para donatur dan dari relawan Laskar Pelangi, Pasepuh, dan Sahabat Peduli Sesama. Dibantu peran serta Ormas Banser, para pendekar silat dari Perguruan Setia Hati Terate (PSHT) dan masyarakat.

Danramil-24 Puhpelem, Kapten (Inf) Tono, menyatakan, kepedulian prajurit untuk tampil memprakarsai pembangunan rumah bagi Ny Suginem tersebut, merupakan wujud implementasi dari pembinaan teritorial. Yang itu, menjadi bagian dari tugas pokok TNI khususnya dalam membantu kesulitan masyarakat.

Bambang Pur