blank
Personel Operasi Patuh Candi 2020 Polres, lengkap dengan prasarananya, siap turun ke jalan di berbagai titik wilayah Polres Blora. Foto: Wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2020 Polres Blora, di halaman Mapolres, Kamis (23/7/2020).

Hadir dalam kegiatan itu, Wakapolres Kompol Joko Watoro, para pejabat utama Polres, Kapolsek jajaran, para Kanit/Kasi serta anggota Polres.

Kapolres Blora mengungkapkan, Polri kembali menggelar Operasi Patuh Candi 2020. Namun kegiatan pada tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Mereka tidak hanya menertibkan para pelanggar, tapi juga menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA : Kejari Blora Gelar Upacara HBA ke-60 Secara Virtual

Seperti diketahui, untuk pertama kalinya Operasi Patuh Candi 2020 digelar di tengah pandemi covid-19, dan digelar mulai 23 Juli sampai 5 Agustus mendatang. Operasi ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Kapolres menambahkan, dalam operasi Patuh Candi 2020 kali ini, ada tiga sasaran utama, yakni pelanggaran helm, melawan arus, kelengkapan kendaraan dan pelanggaran dominan di Polres masing-masing.

”Operasi sekarang ini berbeda. Kegiatan dilaksanakan fokus untuk mendisiplinkan masyarakat, menaati aturan lalu lintas dan mendisiplinkan menaati protokol kesehatan, guna antisipasi penyebaran covid-19,” lanjut Kapolres.

Tetap Ditindak
Ada pun prioritas tindakan operasi tahun ini, tindakan premtif 40 persen, preventif 40 persen dan penegakkan hukum 20 persen.

”Jadi tidak seperti Operasi Ketupat Lebaran kemarin, dimana operasi kali ini tetap dilakukan penindakan seperti pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” tambah dia.

Kapolres menambahkan, tujuan utama Operasi Patuh Candi 2020 kali ini adalah, untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, kelancaran serta ketertiban baik dalam berlalu lintas maupun dalam penerapan protokol kesehatan, terkait penyebaran virus corona.

Kepada masyarakat Blora, AKBP Ferry berpesan, untuk selalu disiplin baik dalam berlalu lintas maupun dalam menerapkan protokol kesehatan.

”Mari kita selalu tertib dan disiplin dalam berlalu lintas, disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, demi terciptanya keselamatan di jalan, serta aman dari covid-19,” tandas Kapolres Blora.

Wahono-Riyan