blank
Salah satu Posko Siaga Covid- 19, di daerah Jepara. sebagai program Jogo Tonggo.

JEPARA (SUARABARU.ID)– Seiring melonjaknya kasus positif Covid- 19 di Kabupaten Jepara, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara akan meningkatkan Satgas Jogo Tonggo yang sudah terbentuk di masing-masing desa.

“Kita akan monitoring Satgas Jogo Tonggo, apakah sudah sesuai atau belum dalam penanganan penyebaran Covid- 19. Serta kebutuhan mereka apa saja, ini yang sedang kami evaluasi”, ujar Mudrikatun pada Rabu (8/7/2020).

Ia melanjutkan, kalau hanya mengandalkan tenaga kesehatan (nakes) di lapangan akan cukup berat. Apalagi saat ini banyak nakes yang terkonfirmasi positif Covid- 19. Untuk itu satgas desa harus mengambil peran untuk memetakan, mengawasi, dan melaksanakan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing. Ujarnya.

Peran serta Pemerintah Desa, Perangkat Desa Bhabinkamtibmas, Babinsa Ketua RT, Ketua RW, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat penting dalam mengedukasi masyarakat. Apalagi saat ini masih banyak dijumpai masyarakat tidak mengindahkan protokol kesehatan. Banyak masyarakat yang tidak memakai masker, tidak jaga jarak, serta cuci tangan.

“Pola penyebaran Covid- 19 (epidemologi) ini akan berlangsung lama, kami menggeser strategi kuratif, kepada upaya preventif dan promotif. Di sini peran Jogo Tonggo sangat penting untuk memberikan edukasi massif kepada masyarakat”, pungkas Mudrikatun.

Hadepe / Ulil Abshor