blank
Direktur Lalu Lintas Polda Jateng Kombes Pol Arman Achdiat, saat mengecek interior bus berprotokol kesehatan, karya perusahaan Karoseri Laksana di Kabupaten Semarang, Rabu (8/7/2020). Foto: antara

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kreasi bus yang dirancang dengan menerapkan jarak fisik untuk memenuhi standar protokol kesehatan saat pandemi covid-19, mendapat apresiasi dari Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Arman Achdiat.

Dalam siaran persnya di Semarang, Kamis (9/7/2020), Arman mengatakan, purwarupa karya perusahaan Karoseri Laksana itu, untuk menciptakan jarak aman antar-penumpang di dalam bus.

Susunan kursi di dalam bus itu menggunakan formasi 1-1-1, berbeda dengan konsep biasanya yang menerapkan dua lajur kursi. ”Rancangan kursi sudah memenuhi protokol kesehatan, mengikuti syarat physical distancing,” kata Kombes Arman.

BACA JUGA : Tiga Nakes di Pemalang Positif Covid-19, Satu Puskesmas Ditutup

Menurut dia, inovasi ini menunjukkan selalu ada jalan keluar di tengah kondisi pandemi covid-19 ini. Dia menjelaskan, sarana dan prasaran transportasi merupakan salah satu faktor utama pemulihan ekonomi di masa pandemi ini.

Purwarupa bernama Legacy SR2 ini, imbuh dia, diharapkan akan memantik kreasi sejenis lain di bidang angkutan umum.

Meski demikian, dia meminta inovasi angkutan umum ini tidak menabrak standar keselamatan sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Ant-Riyan