blank
Petugas PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengarahkan salah satu penumpang yang hendak melakukan perjalanan di Stasiun Purwokerto, belum lama ini. Foto: SB/M Abdul Rohman

PURWOKERTO (SUARABARU.ID)- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, minat masyarakat akan layanan kereta api (KA) di masa new normal terus meningkat. Tercatat rata-rata KAI melayani sebanyak 23.000 pelanggan KA Jarak Jauh dan Lokal per hari pada awal pengoperasian KA Reguler yaitu 12 sampai 17 Juni.

“Pada Bulan Juli, rata-rata pelanggan yang dilayani sudah meningkat 50 persen menjadi 35.000 pelanggan per harinya. Sejak pengoperasian kembali KA Reguler pada 12 Juni sampai 6 Juli, total KAI telah melayani 714.581 pelanggan,” ungkap Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto.

Dikatakan, peningkatan jumlah pelanggan juga ditopang dengan semakin banyaknya KA yang dioperasikan oleh KAI. Per tanggal 10 Juli, KAI menjalankan 47 KA Jarak Jauh dan 114 KA Lokal atau total 161 perjalanan KA. Jumlah tersebut meningkat 40 persen dibanding saat pengoperasian kembali KA Reguler pada tanggal 12 Juni sebanyak 115 KA.

“Dengan semangat baru Badan Usaha Milik Nasional (BUMN), KAI secara adaptif menyesuaikan layanan kereta api di tengah pandemi covid-19. Hal ini menunjukkan komitmen KAI untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui moda transportasi kereta api,” ungkap Supriyanto.

Dia juga menyebutkan, mulai tanggal 10 Juli, KAI menambah tiga KA Jarak Jauh untuk melayani masyarakat dari dan menuju DKI Jakarta serta ke berbagai rute lainnya. Adapun tiga KA tersebut adalah KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pp), Bima (Gambir-Malang pp), dan Sembrani (Gambir-Surabaya Pasar Turi pp).

“KAI menambah layanan KA Jarak Jauh Komersial kelas Luxury, Eksekutif, Ekonomi untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan new normal yang ketat,” ujarnya. Pada tahap awal, ketiga KA tersebut baru akan dioperasikan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Hal tersebut dikarenakan minat masyarakat untuk bepergian dengan KA jarak jauh lebih tinggi pada akhir pekan. Untuk informasi lebih lanjut terkait perjalanan kereta api di masa new normal, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di (021)121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Ema Rohman-trs