blank
SIM GRATIS : Anggota Satlantas Polres Sukoharjo memberikan pelayanan pembuatan SIM Gratis bagi warga yang lahir tanggal 1 Juli.

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Hari Bhayangkara Ke-74 membawa berkah bagi warga. Khususnya yang lahir tepat pada tanggal 1 Juli. Mereka datang ke Satlantas Polres Sukoharjo untuk mengikuti program pembuatan SIM gratis.

Salah satu warga Madegondo, Kecamatan Grogol, Sri Wahyuni (40), yang lahir pada tanggal 1 Juli tidak ketinggalan mengikuti program tersebut. Dia mengaku mendapat informasi tersebut dari rekannya. “Begitu dapat informasi saya langsung datang ke Satlantas. Kebetulan tanggal lahir saya bersamaan dengan Hari Bhayangkara 1 Juli,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Wawan (41), warga Sukoharjo. Dia juga mempunyai tujuan yang sama yaitu mengikuti program SIM gratis. Terlebih SIM yang dia punya sudah habis jadi harus diperpanjang. Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Marwanto mengatakan, program SIM gratis khusus bagi warga, syaratnya  membawa e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik, serta membawa SIM asli untuk proses perpanjangan.  Layanan SIM gratis diberikan hanya untuk SIM A dan SIM C baik perpanjangan maupun membuat baru.

“Hari ini ada 30 warga yang mendapatkan program SIM khusus diberikan kepada warga kelahiran 1 Juli. Kado khusus saat HUT ke-74 Bhayangkara,” katanya.

Dijelaskan, kebijakan SIM khusus ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Irjen Pol Istiono. Dalam pembuatan SIM khusus, masyarakat tidak akan dikenai biaya pembuatan SIM atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Gun