blank

JEPARA ( SUARABARU.ID ) – Hari ini, Kamis (11/6-2020) warna Jepara  semakin merah. Sebab hari ini diumumkan 13 pasien baru yang terkonfirmasi positif covid 19. Ini semakin mengukuhkan posisi Jepara sebagai daerah transmisi lokal. Dengan penambahan kasus tersebut jumlah pasien covid secara akumulatif menjadi 48 orang.

Juru bicara gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Jepara membenarkan adanya temuan kasus tersebut. “ Siang nanti kami akan memberikan penjelasan secara rinci,” ujarnya Kamis (11/6-2020)

Tiga belas  pasien yang diumumkan  berasal dari klaster kasus HA atau pasien no 13 yang berasal dari Pecangaan sebanyak 4 orang, hasil tracing di pasar Pecangaan 3 orang, hasil tracing kasus M atau pasien no 9  dari Nalumsari. Sedangkan lima orang lain adalah pasien ODP dari  Kedung 2 orang, Bangsri 1 orang, Jepara 1 orang dan Batealit 1 orang.

Baca Juga: Sehari, 1.043 Orang Positif Corona, Maknanya…

Dari ketiga belas pasien tersebut terdapat 2 orang anak, yaitu C (6 th) dan K ( 9 th) dari Pecangaan yang merupakan klaster kasus HA atau pasien no 13. Sedangkan dua pasien lain dari klaster ini adalah D (33 th) dan E (33 th).  Sedangkan tiga pasien hasil ttracing di pasar Pecangaan adalah  S ( 63 TH), S ( 47 th) dan J ( 45 th). Sementara dari Nalumsari L ( 18 th).

Sementara lima pasien lain adalah Bangsri  M (66 th), Kedung  M ( 25 th) dan A ( 42), Batealit R ( 56 th ) dan Jepara AS (34 th).

Dari pengamatan SUARABARU.ID, walaupun pasar menjadi salah satu sumber transmisi lokal, namun belum ada kebijakan khusus untuk mencekah penyebaran covid melalui aktiviitas di pasar.

Disetiap pasar tradisional, masih banyak ditemukan  pengunjung dan pedagang tanpa masker. Juga tidak ada   pemeriksaan suhu, tempat cuci tangan yang menyebar disetiap los serta  jarak pedagang yang berjualan juga masih tetap sama.

Hadepe / Ulil Abshor