blank
Wakil Buati Kebumen Arif Sugiyanto secara simbolis menyerahkan BLT Dana Desa kepada warga di Desa Munggu, Kecamatan Petanahan.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Desa Munggu, Kecamatan Petanahan, Kebumen, mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap Pertama. Secara simbolis bantuan bagi warga terdampak pandemi Covid-19 itu diserahkan Wakil Bupati H Arif Sugiyanto SH, di Balai Desa setempat, Jumat  (15/5).

Acara dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dispermades P3A) Frans Haidar, Camat Petanahan Sri Kuntarti, beserta Forkopimcam setempat.

Wakil Bupati menuturkan, pada hari itu di Kecamatan Petanahan ada 7 desa yang menyalurkan BLT DD. Salah satunya adalah Desa Munggu.”Kabupaten Kebumen kembali memberikan BLT DD kepada desa yang sudah siap, sudah menyelenggarakan msysawarah desa atau Musdes,”ujarnya.

Menurut Wakil Bupati, nya, di Desa Munggu seharusnya ada 137 penerima BLT DD. Namun, jumlahnya berkurang 29 Kepal Keluarga (KK) karena masuk data penerima bantuan program perluasan sembako dari Kementerian Sosial.

blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sigiyanto berfoto bersama perangkat desa dan Satgas Posko Covid-19 Desa Munggu, Kecamatan Petanahan.(Foto:SB/Ist)

“Data ini baru diterima tadi malam sekitar pukul 23.00. Karena sesuai peraturan tidak boleh JPS dobel, sehingga 29 KK tidak menerima BLT DD. Meski berkurang 29 penerima tidak bisa dialihkan ke penerima lainnya. Sebab kalau mau mengalihkan harus dilaukan Musdes khusus dulu,” tegas Arif Sugiyanto.

Sementara itu, setiap penerima BLT DD menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan. Sedangkan, penerima bantuan program perluasan sembako dari Kementerian Sosial menerima bantuan senilai Rp 200 ribu selama 9 bulan.

Komper Wardopo