blank
Komunitas pesepeda dari Griya Praja Purwodadi kerap bersepeda malam. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sekelompok pria warga Griya Praja Indah Purwodadi melakukan cara tersendiri untuk tangkal corona. Yakni bersepeda malam.

Umumnya, orang-orang melakukan kegiatan bersepeda dilakukan di siang hari. Namun, mereka melakukan di malam hari dengan menempuh jarak hingga puluhan kilometer dan dalam waktu 2-4 jam.

Salah satu pesepeda dalam kegiatan tersebut yakni Ukki Juli. Pria yang juga menjadi pegawai di Dinas Pertanian Grobogan ini rutin bersepeda bersama komunitas tersebut.

“Setiap pekan, bisa dua sampai empat kali kita bersepeda. Kita lakukan ini selain karena sehat, bersepeda juga menjadi salah satu hal terbaik untuk menangkal corona,” jelasnya, Kamis (14/5/2020) malam.

blank
Saat rehat sejenak di Simpang Lima Purwodadi. Foto : Hana Eswe.

Ukki mengungkapkan, rute yang dilalui dalam bersepeda ini selalu berbeda-beda. Salah satunya rute yang dimulai dari area perumahan mereka di Dusun Majenang, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi menuju ke arah Genuksuran, Candisari, Pengkol Penawangan, Katong Toroh, Sugihan Toroh dan kembali menuju ke perumahan mereka.

“Biasanya mulai dari pukul sembilan dan berakhir pukul 12 malam. Kita selalu pilih rute yang perkampungan sebab kita bersepedanya malam hari, terhindar dari banyaknya kendaraan bermotor,” ujar pria yang juga penggiat Gulat di Grobogan ini.

Beruntung, meski bersepeda pada malam hari, Ukki bersama teman-temannya belum pernah mendapatkan suatu hal yang aneh-aneh selama di perjalanan. Justru, bersepeda malam membuat mereka lebih tenang dan nyaman.

“Terkait dengan angin malam yang kadang tidak baik untuk kesehatan, selama bersepeda kita selalu safety. Artinya, kita tetap menggunakan perlengkapan bersepeda yang benar-benar aman,” ujarnya.

Dikatakan Ukki, sebelum pandemi covid-19 ini, komunitas ini sudah kerap melakukan kegiatan bersepeda. Namun, keaktifan mereka semakin meningkat seiring dengan adanya pandemi corona membuat kegiatan ini terus berjalan 2-4 kali dalam sepekan.

“Harapan kita, meski nantinya pandemi sudah berakhir, kita tetap bisa melakukan kegiatan sepeda malam. Karena kita semua tahu, olahraga apapun, termasuk bersepeda, sangat berdampak baik untuk kesehatan asal dilaksanakan secara teratur,” ungkapnya.

Hana eswe/mm