Bupati Kebumen KH Yazid Mahfud didampingi pejabat terkait mengikuti FGD pembangunan jalan tol Cilacap-Jogja melalui teleconference, Selasa 12/5.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Wilayah Kabupaten Kebumen bakal dilalui Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta yang akan mulai dibangun pada 2022. Panjang jalan tol di daerah Kebumen mencapai sekitar 57 kilometer dan Pemkab meminta agar dibuat tiga exit tol.

Hal tersebut  diungkapkan Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, usai mengikuti diskusi kelompok terfokus atau FGD Identifikasi dan Penilaian Risiko Proyek Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta melalui video conference di Ruang Rapat Gedung F Kebumen, Selasa  (12/5)

Pada FGD tersebut  Bupati didampingi Kepala DPU PR Kebumen Haryono Wahyudi, Kepala Dinas Perkim LH Edi Rianto, Sekretaris Bappeda Muhammad Arifin, serta sejumlah pejabat lainnya.

Menurut penjelasan Bupati Yazid Mahfudz,  jalan tol tersebut merupakan proyek Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR  yang akan segera dimulai tahun 2022. Proyek jalan tol nasional di Jateng selatan itu ditarget beroperasi pada tahun 2025.

Bupati menyatakan, jalan tol akan dibangun mulai dari perbatasan dengan Banyumas hingga Purworejo sepanjang 57 kilometer. Namun demikian, pihaknya belum dapat memastikan letaknya. “Saya sebagai kepala daerah meminta ke Pemerintah Pusat agar di Kebumen untuk dibuatkan tiga exit tol. Yaitu di Kebumen barat, tengah dan Kebumen timur,” ujarnya.

Yazid Mahfudz menilai, ketiga exit tol ini dibutuhkan untuk menunjang kawasan-kawasan yang ada di Kabupaten Kebumen. Mulai dari pariwisata, kawasan industri, pertanian, UMKM hingga sektor perikanan.

“Kalau tidak ada exit tol ini akan mati. Saya tidak mau ini terjadi di Kebumen,” tegas Bupati, seraya menambahkan, pihaknya meminta masyarakat mendukung program Pemerintah Pusat tersebut sehingga akan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Kebumen.

Pembangunan  Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta untuk mendukung percepatan dan pemerataan pembangunan ekonomi di Jawa Tengah bagian selatan. Khususnya di Kawasan Barlingmascakeb dan Purwomanggung.

Jalan tol dengan panjang total 125,47 kilometer ini akan melintasi sejumlah Kabupataten. Yaitu, Cilacap-Banyumas- Kebumen- Purworejo- Kulonprogo DIY. Nantinya ruas tol ini akan terhubung dengan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Jalan Tol Tegal-Cilacap dan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara NYIA Kulonprogo.

Komper Wardopo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini