Tarmin, petani muda dari Desa Kruyo, Kecamatan Jatpurno, Kabupaten Wonogiri, peduli membagi-bagikan ratusan bibit tanaman produktif secara gratis. Diberikan kepada warga terdampak pandemi Covid-19.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Petani muda, Tarmin, warga Desa Kruyo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, peduli membagi-bagikan ratusan bibit tanaman buah-buahan secara gratis. Penerimanya, diutamakan para pemilik lahan yang terdampak wabah virus corona.

Adapun bibit tanaman buah-buahan yang dibagikan, terdiri atas bibit alpukat, pisang, terong, dan lombok. Tarmin, berharap, langkahnya ini dapat membantu masyarakat. ”Kami memberikan bibit secara gratis ini, bertujuan untuk memberikan stimulus dalam membantu masyarakat pedesaan kembali bersemangat untuk bercocok tanam,” tegasnya.

Para warga pemilik lahan, diajak bangkit bergairah untuk membudidatakan tanaman produktif di lahan pekarangan atau lahan kosong. Langkah ini, dalam upaya mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan masyarakat. Diharapkan, dapat memberikan arti penting dalam menyikapi merebaknya pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19.

Kang Tarmin, demikian dia punya sapaan familier, berkata: ”Jangan sampai terjadi krisis pangan yang diakibatkan oleh wabah virus corona.”. Dipilihnya bibit jenis taman produktif yang dibagi-bagikan secara gratis tersebut, tujuannnya agar masyarakat memiliki sumber pangan berkelanjutan, melalui diversifikasi (penganekaragaman) tanaman dalam mengembangkan usaha pertanian.

Para Perantau
Di sisi lain, pembagian tanaman produktif tersebut, terkandung maksud mengajak kaum muda pedesaan, dan juga para perantau yang mudik karena kehilangan pekerjaan, dapat mengembangkan usaha tani di kampung halamannya.

Bantuan bibit aneka tanaman produktif, dibagi-bagikan secara cuma-cuma oleh petani muda Tarmin yang tinggal di Desa Kruyo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Ratusan bibit tanaman produktif yang dibagi-bagikan tersebut sebelumnya dikembangkan di Kebun Bibit Griya Amanah di Jalan Raya Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Kepedulian Tarmin membagi-bagikan bibit tanaman ini, juga dikandung maksud untuk memberikan edukasi kepada para petani pedesaan, agar tidak terpaku pada usaha tani monokultur, yakni hanya membudidayakan tanaman pangan saja.

Para petani sebagai kaum agraris, didorong untuk ikut pula mengembangkan diversifikasi usaha tani dengan membudidayakan tanaman produktif jenis hortikultura, seperti tanaman buah-buahan dan sayuran, yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Tarmin yang juga bekerja sebagai seorang guru SMK ini, sebelumnya peduli melakukan bakti sosial (Baksos) memberikan bantuan masker gratis untuk para tenaga medis, dan kepada para relawan pencegahan Covid-19.

Bambang Pur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini