blank
Penyemprotan disinfektan juga dilakukan petugas di jalan protokol Kota Purwodadi. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Guna mencegah terjadinya wabah corona di Kabupaten Grobogan, jalan-jalan protokol di Kota Purwodadi dan sejumlah taman aktif disemprot disinfektan. Para relawan dari PMI, Damkar dan BPBD Grobogan melakukan penyemprotan di jalur-jalur yang kerap dipergunakan warga untuk akses kendaraan, Senin (23/3/2020).

Hal tersebut terlihat saat para relawan menyemprotkan cairan disinfektan di depan RSUD dr Soedjati, jalan DI Panjaitan, Purwodadi. Petugas meminta kepada para pengendara motor atau becak agar menjauhi mobil damkar sebab akan dilakukan penyemprotan disinfektan.

Kegiatan itu berlanjut hingga di area Simpang Lima Purwodadi. Suara sirene mobil damkar yang dipergunakan penyemprotan itu memecah kesunyian di area lokasi tersebut.

Kepala BPBD Grobogan, Endang Sulistyaningsih membenarkan adanya kegiatan penyemprotan disinfektan di jalan-jalan protokol Purwodadi.

“Ini merupakan program tim gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Grobogan untuk mencegah masuknya virus corona di Kota Purwodadi,” ujar Endang, saat dikonfirmasi.

Taman Juga Disemprot

blank
Taman Ir Soekarno disemprot disinfektan untuk mencegah masuknya virus corona. Foto : Hana Eswe.

Selain jalan protokol, taman-taman yang ada di Kota Purwodadi juga tidak luput dari penyemprotan disinfektan ini. Taman Kuliner Simpang Lima dan Taman Ir Soekarno, merupakan dua dari beberapa taman yang ada di Kota Purwodadi, disemprot petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan.

“Yang disemprot taman-taman, karena taman aktif seperti ini merupakan public service atau banyak orang datang ke lokasi ini,” ujar Anastasia Kenik, Staff DLH Grobogan, yang mendampingi petugas penyemprot.

Sementara itu, Kepala DLH Grobogan, Nugroho Agus Prastowo mengatakan, seluruh taman sudah disemprot disinfektan untuk mencegah masuknya virus corona.

“Ahamdulillah sudah kami semprot desinfektan semua,” ujar Agus, sapaan akrabnya.

Ingatkan Jangan Panik 

Terkait dengan penyemprotan disinfektan secara massal di Kota Purwodadi ini merupakan upaya Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Grobogan guna mencegah penularan penyakit tersebut. Hal tersebut dikatakan Sesda Grobogan, Mohammad Soemarsono.

“Itu (semprotan disinfektan-red) upaya dari gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten untuk mencegah penularan Covid-19 dan semoga cara ini efektif,” ujar Soemarsono.

Pihaknya juga mengapresiasi warga yang menyadari betul bahaya covid-19 sehingga bisa melakukan upaya-upaya pencegahan sebagaimana anjuran pemerintah.

“Kita terus galakan sosialisasi, agar semakin banyak masyarakat yg sadar dan mendukung upaya pemerintah. Harapan kita, tidak perlu panik tapi tetap waspada, ikuti anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dan menjauhi kerumunan,”pungkas Soemarsono.

Hana Eswe-Wahyu