blank
Donor darah massal digelar di Balai Desa Bulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Ini dilakukan berkaitan menyongsong peringatan hari jadi Ke 278 Kabupaten Wonogiri.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Kebutuhan darah untuk memenuhi permintaan para pasien di rumah sakit se Kabupaten Wonogiri, per bulan rata-rata mencapai 1.000 kantong. Berkaitan dengan Bulan Ramadan 1.440 H, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Wonogiri, berupaya untuk tetap dapat menyediakan kebutuhan seribu kantong darah, tanpa harus mengalami musim paceklik darah selama Bulan Puasa.

”Untuk memenuhi kebutuhan darah para pasien di rumah sakit se Kabupaten Wonogiri, rata-rata per bulan mencapai seribu kantong,” jelas Sekretaris PMI Kabupaten Wonogiri, Supardjo. Ditambahkan oleh Kepala Markas PMI Cabang Wonogiri, Wardjo, menghadapi Bulan Ramadan ini, telah dilakukan kontak untuk menjalin kerjasama dengan para pendonor darah sukarela dari umat non-Islam. Seperti dari umat Budha, Katolik dan Kristen. ”Mereka yang tidak menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadan, kita harapkan rela menyumbangkan darahnya,” jelas Wardjo.

Kata Wardjo, pendonor dari umat Islam pun juga telah ada yang menyanggupkan diri, yakni mereka yang tergabung dalam Organisasi Majelis Tafsir Al Quran (MTA). ”Dari MTA, telah menyanggupkan diri untuk melakukan donor massal, meski mereka tetap menjalani ibadah puasa,” tutur Wardjo. Rencananya, pengambilan darah dari mereka yang menjalani puasa di Bulan Ramadan tersebut, akan dilakukan sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

Berkaitan dengan kegiatan Baksos dalam menyongsong peringatan Hari Jadi Ke 278 Kabupaten Wonogiri, Kamis (2/5), digelar donor darah massal di Kantor PMI Wonogiri dan di Balai Desa Bulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Sementara itu, Perwira Penerangan Kodim (Papendim) 0728 Wonogiri, Letda Nurhadi, menyatakan, berkaitan dengan HUT Ke 53 Korem 074 Warastratama Surakarta dan HUT Ke 73 Persit Kartika Candra Kirana, telah dilakukan donor darah massal di Balai Kelurahan Kismantoro, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri.

Gerakan donor darah massal ini, dilaksanakan bekerjasama dengan PMI Wonogiri. Para Babinsa, mengajak warga masyarakat di masing-masing wilayah binaannya untuk menjadi pendonor. Bersamaan itu, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh. mempimpn bakti sosial (Baksos) dengan membagikan bantuan sembako sebanyak 250 paket, yang diserahkan kepada masyarakat kurang mampu di Desa Lemahbang dan Kelurah Kismantoro, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Ikut hadir dalam acara Baksos ini, Camat Kismantoro, Djoko Purwiyadmo, Kapolsek Iptu Bambang Suripto bersama Danramil setempat yang diwakili Batuud Peltu Suwatno, dan Lurah Kismantoro, Puguh Marwoyo.(suarabaru.id/bp)