blank
llustrasi KA di Daop 4 Semarang. Foto: Dok/SB

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia menetapkan masa Angkutan Lebaran tahun 2025 selama 22 hari, dimulai pada Jumat, 21 Maret 2025 (H-10) hingga Sabtu, 12 April 2025 (H+10).

Dalam periode ini, KAI Daop 4 Semarang menyiapkan total 535.282 tempat duduk bagi para pelanggan kereta api, atau rata-rata 24.331 tempat duduk per hari.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menjelaskan, pemesanan tiket untuk masa Angkutan Lebaran telah dibuka sejak 4 Februari 2025. Hingga Selasa, 25 Februari 2025, jumlah keterisian tempat duduk mencapai 17 persen atau sebanyak 93.308 tiket dari total 535.282 tempat duduk yang tersedia untuk perjalanan dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 4 Semarang ke berbagai tujuan.

Sementara itu, untuk tiket dengan tujuan ke wilayah Daop 4 Semarang pada masa masa angkutan lebaran, tercatat sebanyak 112.929 penumpang telah melakukan pemesanan. Puncak kedatangan favorit terjadi pada 28 Maret (H-3), 29 Maret (H-2), dan 30 Maret (H-1) 2025.

Pada arus balik, puncak keberangkatan penumpang dari wilayah Daop 4 Semarang diperkirakan terjadi pada 5 April hingga 7 April 2025 (H+4 hingga H+6). Pada tanggal-tanggal favorit tersebut, kereta api dengan keberangkatan awal dari stasiun di wilayah Daop 4 Semarang menuju Jakarta dan Bandung telah mencatat tingkat keterisian di atas 95 persen.

“Kami mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan baik, serta memilih tanggal keberangkatan yang masih tersedia tiketnya,” ujar Franoto, Selasa (25/2/2025).

Untuk mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2025, KAI Daop 4 Semarang mengoperasikan total 734 perjalanan kereta api, dengan rincian 558 KA jarak jauh dan 176 KA lokal. Rata-rata terdapat 33 perjalanan KA per hari yang siap mengantarkan penumpang ke berbagai kota tujuan.

Guna memberikan pelayanan terbaik, KAI Daop 4 Semarang akan menurunkan Petugas Customer Service Mobile (CSM) di stasiun-stasiun utama, seperti Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, dan Stasiun Pekalongan. Selain itu, komunitas pecinta kereta api juga turut berpartisipasi dalam membantu layanan penumpang di beberapa stasiun, termasuk Stasiun Pemalang dan Stasiun Cepu.

“Kami berkomitmen memastikan perjalanan mudik dengan kereta api tetap aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pelanggan. Dengan persiapan matang dan dukungan dari berbagai pihak, kami berharap Angkutan Lebaran 2025 berjalan dengan lancar dan dapat memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi masyarakat,” tambah Franoto.

Untuk informasi terkait penjualan tiket lebaran, masyarakat dapat menghubungi layanan Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon 121, WhatsApp di 08111-2111-121, email [email protected], atau akun media sosial KAI121.

Ning S