blank
PLT. Kepala Puskesmas Karimunjawa dr. Pramita Sukti Setyarini saat memberikan penjelasan kepada pasien Kamis (13/2-2024) pagi. Foto: Dok Puskesmas Karimunjawa

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Puskesmas Karimunjawa melaksanakan pemasangan jaringan komputer Wi-Fi Repeater atau peningkatan daya wifi. Hal tersebut diungkapkan oleh PLT. Kepala Puskesmas Karimunjawa dr. Pramita Sukti Setyarini saat memantau pemasangan jaringan Wi-Fi Repeater, Kamis (13/2-2024) pagi.

Menurut  dr. Pramita Sukti Setyarini  pemasangan jaringan ini dilakukan dalam rangka menunjang sistem Elektronik Rekam Medis (ERM) yang akan mendukung berbagai layanan kesehatan terintegrasi, termasuk Satu Sehat, Pemeriksaan Kesehatan Gratis (PKG), dan JKN Mobile.

blank
PLT. Kepala Puskesmas Karimunjawa dr. Pramita Sukti Setyarini saat memantau pemasangan jaringan Wi-Fi Repeater, Kamis (13/2-2024) pagi. Foto: Dok Puskesmas Karimunjawa

“Dengan terpasangnya jaringan komputer ini, diharapkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Karimunjawa semakin efektif dan efisien. Proses integrasi dengan sistem Satu Sehat memungkinkan data kesehatan masyarakat dapat dikelola secara lebih terstruktur dan terhubung dengan sistem layanan kesehatan nasional,” ujarnya

Masyarakat dapat mengakses layanan ini melalui aplikasi Satu Sehat Mobile yang bisa diunduh di Playstore, khususnya bagi peserta BPJS. Selain itu, mereka juga bisa mendaftar secara online melalui JKN Mobile. Bagi yang ingin mendaftar secara langsung, bisa datang ke puskesmas dan akan diarahkan untuk mengikuti program ini guna mendapatkan pelayanan yang optimal.

blank
PLT. Kepala Puskesmas Karimunjawa dr. Pramita Sukti Setyarini saat memantau pemasangan jaringan Wi-Fi Repeater, Kamis (13/2-2024) pagi.

Selain itu, layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis (PKG) dan JKN Mobile akan mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan tanpa hambatan, menjadikannya lebih mudah dan terjangkau.

Lebih lanjut dr. Pramita berharap,  dengan adanya jaringan komputer yang lebih handal, pelayanan kesehatan di Karimunjawa dapat lebih optimal. “Masyarakat di wilayah tersebut kini dapat menikmati layanan kesehatan yang lebih cepat dan transparan, sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku.” tuturnya

Dengan upaya ini, diharapkan kualitas kesehatan masyarakat di Karimunjawa dapat terus meningkat. “Disamping itu akses terhadap layanan kesehatan menjadi lebih merata dan lebih mudah dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Hadepe