blank
Ratusan peserta ikuti SocioEnvi-Run 2024 Dies Natalis UKSW ke-68. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Lapangan Sepak Bola Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) terlihat berbeda Sabtu (26/10/2024) pagi ini, dengan berkumpulnya 814 peserta “SocioEnvi-Run 2024” yang menjadi bagian rangkaian Dies Natalis ke-68 UKSW.

Mengenakan jersey racer berwarna hijau putih, ratusan peserta yang terdiri dari civitas academica UKSW, siswa SD hingga SMA, komunitas runners dari Salatiga, Semarang, Ambarawa, dan Blora serta masyarakat umum hingga warga asing tampak antusias mengikuti SocioEnvi-Run 2024 yang mengusung tema “Healthy Fun Run dan Berkontribusi untuk Lingkungan”.

Rute SocioEnvi-Run 2024 sejauh 5,3kilometer ditempuh mulai dari Lapangan Sepak Bola UKSW, menuju Jl. Kartini, melintasi Alun-Alun Pancasila, kemudian mengitari Jl. Sukowati, Jl. Pemotongan, Jl. Mohammad Yamin kemudian berakhir di Lapangan Sepak Bola UKSW.

Keluar sebagai pemenang pada kategori Potential Male juara 1 diraih oleh Nikolas Aboyaman Maskikit dari Batalyon 410 Alugoro Blora dengan durasi 18.15 menit, juara 2 diraih Warnono dari runners dari Blora, dan juara 3 diraih oleh Faizin dari komunitas Salatiga Gunung Buddies. Kemudian untuk kategori Potential Female juara 1 diraih oleh Melly Milenia Halfsari runners dari Dragon Salatiga dengan durasi 22.41 menit, juara 2 diraih oleh Abella Pratiwi Yuanita siswa Kelas 5 SD Kanisius Gendongan, dan juara 3 diraih oleh Atika Dwi Kusuma Putri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga.

Diantara ratusan peserta, nampak Rektor UKSW Prof. Intiyas Utami, Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan (WR PAK) Prof. Ferdy Semuel Rondonuwu, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Infrastruktur, dan Perencanaan (WR KIP) Priyo Hari Adi, Ph.D., dan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (WR RIK) Prof. Eko Sediyono, ikut ambil bagian. Dalam sapaan hangatnya, Rektor Intiyas menuturkan bahwa tahun ini UKSW genap berusia 68 tahun, dan SocioEnvi-Run 2024 merupakan bagian rangkaian kegiatan Dies Natalis UKSW ke-68 bertema “Berdampak bagi Dunia”.

“Senang sekali kami bisa menerima sahabat UKSW di kampus Indonesia mini yang termanis. Mari kita melakukan SocioEnvi-Run 2024 dengan happy dan menyenangkan,” sapanya.

Pada kesempatan ini, ia juga mengajak para peserta untuk hadir dan mengikuti seluruh rangkaian Dies Natalis ke-68 UKSW.

Green campus

Sementara itu, ketua kegiatan Dr. Teguh Wahyono, S.Kom., M.Cs., menyampaikan, kegiatan yang dikemas dengan konsep SocioEnvi-Run ini merupakan salah satu bentuk peran UKSW dalam mewujudkan green campus.

“Tujuan kegiatan ini tidak hanya dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke- 68, melainkan juga bertujuan untuk mengakrabkan civitas academica UKSW dengan komunitas pecinta olahraga lari serta menyuarakan peduli lingkungan,” bebernya.

“Bibit tanaman Tabebuya melambangkan keindahan, sedangkan bibit Pule dan Trembesi melambangkan kekokohan. Semoga UKSW terus menjadi kampus yang kokoh dan indah,” ungkapnya.