blank
Kasat Lantas Polres Tegal Kota, AKP Agus JK memeriksa kelengkapan dan pengecekan kendaraan umum. Foto: Istimewa

TEGAL (SUARABARU.ID) – Untuk menekan risiko kecelakaan, Satlantas Polres Tegal Kota bersama Dinas Perhubungan Kota Tegal, Jawa Tengah melakukan pemeriksaan (ramp check) kendaraan dan pengemudi angkutan umum, Kamis (17/10/2204).

Kendaraan angkutan umum dan bus yang ada di Terminal Tipe A Kota Tegal, salahsatu sasaran pemeriksaan petugas.

“Pengecekan kami lakukan, untuk memastikan kendaraan memenuhi standar keselamatan. Baik dari aspek kelaikan kendaraan maupun kondisi sopir itu sendiri,” kata Kasat Lantas AKP Agus JK.

Kasat Lantas menyampaikan, pemeriksaan meliputi kondisi kendaraan. Mulai dari pengecekan mesin dan uji emisi, lampu, spion, alur ban, hingga pengereman dan sistem kemudi.

“Selain itu, kita juga pastikan sarana penunjang keselamatan yang ada seperti P3K, APAR, alat pecah kaca jika terjadi emergency serta administrasi kendaraan,” terangnya.

Selain itu, Tim Kesehatan dari Urkes Polres Tegal Kota juga ikut libatkan. Tujuannya untuk memeriksa kesehatan awak angkutan umum.

Kegiatan ini, sambung Kasat Lantas, juga untuk membangun budaya kedisiplinan, tertib dan beretika dalam berlalu lintas. Hal ini guna mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman melalui pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2024.

Lebihkanjut Kasat Lantas menyampaikan, pihaknya juga melakukan langkah preemtif dan preventif. Melalui sosialisasi dan edukasi kepada para pengemudi kendaraan umum maupun masyarakat pada umumnya.

“Pengemudi harus rutin melakukan pengecekan kelaikan teknis maupun administrasi kendaraan sebelum beroperasi. Perhatikan juga aspek kecepatan saat berkendara di jalan raya,” pungkas AKP Agus.

Sutrisno