Ketua Umum Organisasi Pukat Nusantara Heri Istanto, melaksanakan pembekalan dan pelantikan dewan pimpinan cabang Jateng. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ketua Umum Organisasi Pukat Nusantara, Heri Istanto memberikan pembekalan dan melaksanakan pelantikan dewan pimpinan cabang Jawa Tengah pada Sabtu (5/10/2024), di Villa Efrata Retreat, Suruhan, Keji, Ungaran Barat.

Pada kesempatan tersebut, Heri menyampaikan visi dan misi organisasi Pukat Nusantara, yang akan bersinergi dengan pemerintah dalam menciptakan keadilan yang merata di tengah masyarakat.

“Organisasi Pukat Nusantara mengajak dan menjaring anggota masyarakat untuk masuk dalam satu wadah payung hukum, berupa organisasi kemasyarakatan yang bertujuan untuk memperjuangkan bersama hak-hak masyarakat semua kalangan dengan cara mendukung, mengontrol, mengawal dan bersinergi dengan pemerintah dalam melaksanakan program-program pemerintah, demi terciptanya keadilan yang merata dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat,” ungkapnya.

Disampaikan, bersama sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pukat Nusantara, pihaknya melaksanakan roadshow ke sejumlah daerah, antara lain Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan hingga 8 Oktober 2024. “Kami melaksanakan pembekalan dan pelantikan untuk pengurus Jawa Tengah dan Jawa Timur sebagai upaya pengenalan Pukat Nusantara kepada masyarakat,” tukasnya.

Menurutnya, visi Pukat Nusantara adalah keadilan yang merata bagi semua kalangan masyarakat di seluruh wilayah yang ada di Indonesia maupun yang berada di luar negeri dalam berbagai aspek kehidupan.

Adapun misinya yakni, mengawal, mengontrol, mendukung dan bersinergi dengan pemerintah dalam pemerataan pembangunan disegala aspek juga dalam pelaksanaan program pemerintah secara nasional yang mengandung dimensi keadilan dalam bidang kemasyarakatan, sosial ekonomi, hukum, budaya, serta toleransi antar umat beragama.

Misi lainnya adalah memberdayakan potensi lapisan masyarakat sedemikian rupa, sehingga mampu merumuskan, menyatakan, memperjuangkan, serta mempertahankan hak-hak dan kepentingan masyarakat luas.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen Pukat Nusantara Wahyu Gunawan mengatakan, Pukat Nusantara telah resmi berdiri pada 8 Februari 2024 di Jakarta. Adapun peserta pelantikan di Jateng dan Jatim diikuti oleh perwakilan pengurus daerah Jawa Tengah dan 35 kabupaten/kota di Jateng.

Usai kegiatan di Kabupaten Semarang, pelantikan dan pembekalan dilanjutkan di Taman Chandra Wilwatika, Sumber Gedang, Pandaan, Pasuruan, dengan peserta pengurus daerah Jawa Timur dan perwakilan pengurus 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.

Ning S