Narasumber bersama pengurus LP Maarif dan pengurus MGMP Bahasa Inggris: Foto: Sub

JEPARA (SUARABARU.ID) – LP Maarif NU Jepara terus meningkatkan kapasitas guru-guru di bawah naungannya lewat workshop dan pelatihan yang telah terprogram.  Program kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan pendidikan telah digelar, di antaranya dengan Upgris Semarang yang dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Oktober 2024.

Sri Wahyuni mewakili Tim Upgris Semarang saat sampaikan sambutan. Foto: Sub

Bertempat di aula LP Ma’arif NU Jepara, sejumlah narasumber dari Upgris Semarang dihadirkan dalam kegiatan Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Web yang diikuti guru- guru Bahasa Inggris KKMTs 02 Jepara, di antaranya A.B. Prabowo, Sri Wahyuni, dan Nugroho.

Sri Wahyuni mewakili Tim Upgris Semarang mengatakan bahwa di era digital seperti ini seorang guru dituntut inovatif dan kreatif dalam menggali sumber belajar. Ia bisa memanfaatkan media web untuk mengembangkan materi pembelajaran sehingga materi yang disampaikan dan metode yang digunakan lebih variatif dan lebih menarik bagi siswa-siswi.

Narasumber bersama ketua LP Ma’arif dan pengurus MGMP Bahasa Inggris

Sementara itu, Mualimin, Ketua LP Maarif NU Jepara saat membuka Workshop berpesan kepada peserta agar sungguh-sungguh dalam mengikuti workshop atau pelatihan apapun dalam rangka capacity building seorang guru.

Mualimin ketua LP Ma’arif saat membuka workshop. Foto: Sub

“Jangan merasa puas dengan ilmu yang Bapak/ Ibu miliki, teruslah belajar dan belajar karena pendidikan itu dinamis apalagi menghadapi  generasi Z seorang guru harus inovatif, kreatif, dan solutif sehingga membuat peserta didik nyaman dalam mengikuti proses pembelajaran. Jadilah guru hebat yang selalu dirindukan peserta didik setiap hari,” tegas Mualimin.

Peserta Workshop Web Foto: Sub

Lebih lanjut Mualimin mengatakan bahwa kerjasama dengan Upgris Semarang hari ini adalah merupakan kali kedua. Sebelumnya telah digelar kegiatan Workshop untuk guru-guru Mata Pelajaran Penjasorkes pada jenjang Madrasah Tsanawiyah. Ke depan LP Ma’arif akan melaksanakan kerjasama dalam bidang website dan mapel-mapel lain pada jenjang MI, MTs, dan MA dengan Upgris dan Perguruan Tinggi lainnya.

Oleh karena itu, Mualimin berharap kepada guru-guru LP Ma’arif jangan sampai bosan untuk mengikuti workshop dan pelatihan yang digelar di KKM maupun di LP Ma’arif untuk pengembangan pendidikan di Jepara.

Kegiatan workshop pemanfaatan  media pembelajaran berbasis web dilaksanakan dalam dua bentuk, yaitu tatap muka dan yang kedua penugasan kepada peserta.

Hadepe – Sub