Kolaborasi SMKN 1 Kedung dan SMAN 1 Tahunan bersihkan pantai Waluyo. Foto: Endah)

JEPARA (SUARABARU.ID)  – SMK Negeri 1 Kedung mengadakan kegiatan aksi bersih pantai dalam rangka memperingati World Cleanup Day 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Waluyo, Desa Karangkebagusan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jumat, (27/09/2024).

Aksi bersih pantai ini merupakan salah satu bentuk aksi kebersihan lingkungan secara serentak yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan di lingkungan Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah. SMK Negeri 1 Kedung bersama SMA Negeri 1 Tahunan berkolaborasi membersihkan area bibir Pantai Waluyo.

Siswa antusias bersihkan pantai Waluyo. Foto: Endah

Peserta didik didampingi guru dan kepala sekolah bersama-sama membersihkan area yang terdapat banyak sampah. Di sepanjang bibir pantai pun terdapat sampah yang tertimbun di dalam pasir sehingga sulit untuk diambil. Selain itu, tidak hanya sampah plastik, jenis sampah kaca/belah pecah pun juga tersebar di area pinggir pantai.

Dengan adanya kegiatan bersih pantai ini, semoga dapat menginspirasi peserta didik untuk selalu sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan. Semoga peserta didik juga dapat menjadi agen perubahan dalam pola perilaku bijak akan kebiasaan baik terhadap kebersihan lingkungan.

Di sela-sela kegiatan peserta didik sarapan bersama dengan memakan bekal yang dibawa dari rumah. Mereka juga membawa tumbler pribadi untuk minum. Kegiatan berlangsung lancar dan anak-anak antusias. Aksi bersih pantai ini diakhiri dengan kegiatan foto bersama.

Hadepe – Endah Permata Sari