Para personel TNI AD dari Kodim 0728 Wonogiri bersama Polres Wonogiri, melakukan karya bakti membersihkan aliran Kali Krawang. Ikut terlibat aparat dari DLH dan BPBD, serta para relawan siaga bencana, perangkat Kelurahan Wonokarto dan masyarakat.(Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Karya bakti secara massal, Jumat (27/9/24), dilakukan untuk membersihkan aliran Kali Krawang. Yakni anak Sungai Bengawan Solo yang mengalir di tengah perkampungan Kelurahan Wonokarto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, karya bakti dilalukan dalam rangka menyambut HUT Ke-79 TNI Tanggal 5 Oktober 2024. Ini sebagai upaya menciptakan aliran kali menjadi lancar, tidak terhalang timbunan sampah atau tumbuhan perdu dan rumput.

Semua itu dilakukan dalam usaha untuk menanggulangi kemunculan banjir. Utamanya saat turun hujan lebat di wilayah hulu. Yakni di daerah tangkapan air (chatment area) kawasan lereng Gunung Gandul sisi barat dan limpahan hujan dari wilayah perbukitan Kelurahan Giriwono Kecamatan Wonogiri, maupun dari Desa Pare Kecamatan Selogiri.

Karya bakti massal ini, dilakukan oleh para personel TNI AD dari Kodim 0728 Wonogiri bersama jajaran Polres Wonogiri. Juga melibatkan aparat dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, para relawan siaga bencana, perangkat Kelurahan Wonokarto dan warga masyarakat.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Edi Ristriyono yang diwakili Pasiter Kapten (Inf) Sriyono, menyatakan, karya bakti ini merupakan bentuk nyata dari komitmen TNI dalam mendukung pembangunan nasional. Juga sebagai upaya mempererat hubungan silaturahmi dengan masyarakat dan menumbuhkembangka kebersamaan melalui gotong royong.

Lebih khusus, karya bakti ini untuk tujuan membebaskan ancaman banjir bagi warga perkampungan padat di Kelurahan Wonokarto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Utamanya dalam menyongsong datangnya musim penghujan. Juga untuk menciptakan kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Puncak peringatan HUT Ke-79 TNI Tahun 2024 akan dilaksanakan Hari Sabtu (5/10/24) mendatang, bertajuk “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

(Bambang Pur)