Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Bapas Semarang dengan pemilik Teh Nongki (26/9/2024). Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Semarang kembali menyelenggarakan Bimbingan Kepribadian dan Bimbingan Kemandirian Keliling bagi klien Pemasyarakatan Bapas Semarang (Brilian Bassama), Kamis (26/9/2024).

Brilian Bassama ini dilaksanakan di gerai milik Teh Nongki yang di Jalan Wismasari Raya Ngaliyan Kota Semarang. Dengan mengusung konsep warung angkringan, The Nongki telah memiliki 2 gerai. Gerai satunya lagi berada di Jalan Beringin Raya 1 Ngaliyan Kota Semarang.

Kegiatan diawali dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Bapas Semarang dengan pemilik Teh Nongki.

Kepala Bapas Semarang, Sarwito menyampaikan, Teh Nongki telah membantu Bapas Semarang dalam pelaksanaan bimbingan kemandirian bagi klien Pemasyarakatan. Ety yang merupakan istri dari pemilik Teh Nongki sudah 5 kali menjadi narasumber dalam kegiatan bimbingan kemandirian yang diselenggarakan oleh Bapas Semarang. Dengan berbekal pengalaman yang dimiliki, Ety membagikan pengetahuan cara meracik teh berbagai varian kepada Klien Bapas Semarang. Ety juga membagikan pengalamannya dalam membuka usaha angkringan.

“Bapas Semarang telah melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan Teh Nongki. Saya sampaikan apresiasi kepada Bapak Sunoto selaku pemilik Teh Nongki, yang telah bersedia menjadi bagian dari Kelompok Masyarakatan Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas),” ungkap Sarwito.

Menurutnya, keberhasilan pembimbingan terhadap klien Pemasyarakatan yang sedang menjalani masa re-integrasi sosial, perlu dukungan dari seluruh pihak, baik keluarga, Masyarakat, aparat dan pamong setempat, serta dukungan dari Pokmas Lipas.

Dalam kegiatan Brilian Bassama kali ini juga dihadiri Bhabinkamtibmas dan Babinsa dari Kelurahan Ngaliyan. Sebelumnya, pada bulan yang sama juga telah dilaksanakan Brilian Bassama di Kota Salatiga, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Demak.

Sarwito menyebut, Brilian Bassama akan dilaksanakan di seluruh 5 wilayah kerja, termasuk di Kota Semarang, dan selanjutnya akan dilaksanakan di Kabupaten Semarang.

Ning S