Kepala SMPN 1 Jepara Basuki, bersama guru pembimbing dan siswa peserta FTBI Tingkat Kab. Jepara. Foto: Dok SMPN 1 Jepara

Jepara (SUARA BARU.ID) – Kompetisi Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) SMP tahun 2024 tingkat kabupaten diselenggarakan di SMPN 3 Jepara pada 19 September. Hasil dari kompetisi ini digunakan sebagai ajang seleksi pemilihan duta kabupaten Jepara dalam FTBI di Tingkat Propinsi Jawa Tengah.

Setiap bidang lomba akan dipilih masing masing juara 1, 2 dan 3, selanjutnya peserta yang menjadi juara 1 akan menjadi wakil Kabupaten Jepara dalam kompetisi tingkat propinsi. Kegiatan FTBI tingkat propinsi tahun 2024 akan digelar di Jepara dan diadakan  tanggal 15 sd 16 oktober untuk tingkat SMP.

SMP Negeri 1 Jepara mengirimkan 14 siswa untuk 7 bidang lomba putra dan putri. Performa yang luar biasa di tunjukkan peserta SMPN 1 Jepara, para siswa berhasil menyabet 12 piala, yang terdiri 8 piala sebagai juara 1, 2 piala sebagai juara 2 dan 2 piala sebagai juara 3.

Adapun rincian pemenangnya adalah Najawa’ Aimmatulhusna sebagai  Juara 1 lomba Dongeng Putri , Athali Rizqiela N. H sebagai Juara 1 Lomba Geguritan Putri , Putu Soka  Dejavu A sebagai juara 1 Lomba Geguritan Putra, Nadlifatul Izzah sebagai juara 1 Lomba Macapat Putri, Maulana Bintang M sebagai juara 1 Lomba Macapat Putra, Alfatunnisa namira A sebagai juara 1 Lomba Membaca dan Menulis Aksara Jawa  Putri,  M.Ibrahim Jaelani sebagai juara 1 Lomba Sesorah Putra, Umar Abdillah sebagai juara 1 Lomba Cerkak Putra , Gwyneth Kathleen sebagai juara 2 Lomba Sesorah Putri, Anjani Aziia Adinata sebagai juara 2 Lomba Ndagel  Ijen Putri, Ega  Agastya K sebagai juara 3 Lomba dongeng putra .

Bima Dwi Cahya sebagai juara 3 Lomba Ndagel Ijen putra. Masing masing juara memperoleh piala dan uang pembinaan. Hasil ini bagi SMPN 1 Jepara merupakan prestasi yang ke-4 kali berturut-turut sebagai juara umum FTBI Tingkat kabupaten Jepara.

Prestasi gemilang ini tidak lepas dari dukungan guru pembimbing, pelatih, orang tua siswa,dan seluruh sivitas SMPN 1 Jepara. Dibalik keberhasilan ini terdapat perjuangan panjang para siswa,  guru pembimbing dan pelatih . Mulai dari proses latihan, tantangan yang dihadapi, dan semangat juang siswa. Kepala Sekolah SMPN 1 Jepara, Basuki mengungkapkan rasa bangga dan syukur kehadirat Allah atas prestasi yang diraih.

“Prestasi ini membuktikan bahwa siswa-siswi SMPN 1 Jepara tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga non akademik dan menunjukkan bahwa siswa memiliki minat yang tinggi dalam melestarikan budaya luhur bangsa,” ujarnya. “Prestasi gemilang ini juga membuktikan konsistensi sekolah dalam melestarikan budaya Jawa”, tambahnya.

Athali Rizqiela N. H, salah satu peraih medali sekaligus ketua OSIS terpilih 2024/2025, mengungkapkan, “Saya sangat senang bisa meraih juara. Proses latihan yang cukup panjang membuat saya semakin menguasai materi lomba. Saya berharap prestasi ini bisa menginspirasi teman-teman lainnya untuk terus belajar dan berprestasi.”. “ Selanjutnya saya harus bersiap dan berlatih lagi untuk mengikuti FTBI Tingkat Propinsi “ tambahnya sambil membaca buku.

Haris, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan juga menyampaikan rasa syukur dan haru atas prestasi yang diraih siswa-siswa SMPN 1 Jepara. Beliau tidak menyangka dari 14 lomba bisa meraih 12 juara. Semoga tradisi juara umum di ajang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) ini dapat dipertahankan.

Hadepe – Warsih