Mewakili Kepala Dikbud Kabupaten Wonogiri, Kabid Kebudayaan Eko Sunarsono SSn (kiri) menyerahkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada pemenang lomba seni karawitan pelajar.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para siswa dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Amin, Wonogiri, berhasil memenangi juara pertama dalam lomba seni karawitan pelajar tingkat Kabupaten Wonogiri Tahun 2024. Yakni mendapatkan nilai tertinggi sebanyak 1.049.

Juara 2 diraih oleh para siswa dari SD Negeri 3 Gemawang Kecamatan Ngadirojo dengan nilai sebanyak 999, dan Juara 3 dimenangi para siswa dari SD Negeri 1 Pelem Kecamatan Jatiroto dengan nilai 969.

Juara Harapan 1 ditempati oleh para siswa dari SD Negeri 1 Miri Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Juara Harapan 2 SD Negeri Sanggrong Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, dan Juara Harapan 3 SD Negeri 4 Sidoharjo, Wonogiri. Masing-masing mendapatkan nilai 945, 943 dan 940.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wonogiri Sriyanto melalui Kabid Kebudayaan Eko Sunarsono, menyatakan, para juara mendapatkan piagam penghargaan tropi kejuaraan dan uang pembinaan.

Lomba seni karawita pelajar ini, digelar di Museum Wayang Indonesia (MWI) Joglo Padepokan Pak Bei Tani di Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Tim juri terdiri atas Darno SSen, MSn, Wahyu Thoyib Pambayun SSn, MSn, dan Sigit Setiawan SSn, MSn.

Masing-masing peserta, maksimal 25 anak, wajib menyajikan Gending Gambuh Ketawang Laras Slendro Pathet Manyura. ”Untuk gending pilihannya bebas, asal bukan lagu identitas,” jelas Eko Sunarsono yang juga Seniman Pangrawit dan juga Seniman Dalang.

Durasi tampil masing-masing peserta selama 15 menit. Aspek penilaian melipuiti Leres, Garap, Rempeg dan Laras. Disamping untuk kiat melestarikan seni peninggalan nenek moyang, lomba ini bertujuan untuk memberikan wadah berkreasi melalui seni karawitan tradisi.

Juga memberikan ajang inovatif dalam pengembangan diri untuk meningkatkan mutu pendidikan. Menjadi sarana pendidikan budi pekerti dan pembinaan karakter anak didik berbasis budaya bangsa.(Bambang Pur)