Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa usai mendaftar calon gubernur Jawa Tengah bersama Hendrar Prihadi sebagai wakilnya, di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Kota Semarang, Selasa 27 Agustus 2024. (Foto: Diaz Abidin)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jenderal TNI (Purn) Muhammad Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi resmi mendaftar untuk kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024, di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Kota Semarang, Selasa 27 Agustus 2024.

Dalam kesempatan itu, Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng mengatakan KPU Jateng menerima pendaftaran tersebut.

“Pendaftaran sudah sah. Nanti akan melalui tahapan berikutnya. Untuk Cagub (Calon Gubernur) Muhammad Andika Perkasa, dan Cawagub (Calon Wakil Gubernur) Hendrar Prihadi. Kami yakini calon kita akan menang,” kata Anggota DPR RI itu.

Soal adanya perang bintang jenderal dengan calon lawan yakni mantan Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi, dia yakin masyarakat sudah bisa menilai.

“Perang bintang seperti star-wars. Intinya pemilihan gubernur harus menyenangkan. Saya yakin ya masyarakat sudah bisa menilai,” kata dia.

Muhammad Andika Perkasa menambahkan, bila dengan adanya banyak sosok di pemilihan kepala daerah maka masyarakat yang akan diuntungkan.

“Masyarakat Jateng diuntungkan beberapa calon. Sehingga bisa tentukan pilihan sesuai hati nurani,” kata dia.

Selanjutnya, Andika bilang, akan siap melaksanakan tahapan berikutnya dalam proses pendaftaran Cagub Jawa tengah di KPU Jateng.

Adapun mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku belum banyak diskusi dengan Andika Perkasa soal rencana untuk Jawa Tengah ke depan bilamana terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng

“Belum, tapi ada rencana sedikit banyak. Jateng lumbung pangan nasional, itu yang salah satunya dipertahankan.

Perihal statusnya yang masih menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. (LKPP) RI, dia akan segera berkoordinasi dengan pimpinan.

“Inginnya saya segera lakukan upaya berhenti dari LKPP. Supaya netralitas juga bisa dijaga,” kata dia.

Diaz Abidin