Peringati Hari Pengayoman ke-79, Kemenkumham Jateng ziarah dan tabur bunga di TMP Giri Tunggal, Semarang. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah melaksanakan ziarah dan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal Semarang, Jum’at (9/8/2024).

Kegiatan dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pengayoman ke-79 yang dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto.

Dalam kegiatan dilakukan penghormatan dan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa. Selanjutnya secara simbolis Kakanwil meletakkan karangan bunga di monumen pahlawan.

Kakanwil bersama Kepala Divisi Keimigrasian Is Edy Ekoputranto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Anggiat Ferdinan dan para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se Eks Karesidenan Semarang melakukan tabur bunga di makam para pahlawan, salah satunya adalah Mantan Menteri Kehakiman periode 1998-1999 Prof. Muladi.

Kakanwil juga menyampaikan makna dari upacara tabur bunga hari ini. “Kegiatan ini merupakan refleksi dari ucapan, hasrat, keinginan dan terima kasih kita kepada para pahlawan yang telah gugur yang berbakti kepada bangsa dan negara. Selain itu juga merupakan manifestasi dari ungkapan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya,” kata Tejo.

Hari Pengayoman, ungkap Tejo, adalah bagian dari sejarah panjang terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurut Kakanwil, sebagai bagian dari sejarah bangsa ini, Kemenkumham harus mampu meneruskan cita-cita perjuangan para pendahulu. “Bahwa keberadaan kita sekarang ini memperjuangkan apa yang menjadi cita-cita pahlawan,” ujar Tejo.

Perjuangan dimaksud yakni bekerja dengan gigih yang mengarah pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan bagi masyarakat luas.

Hadir dalam kegiatan diantaranya Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrasi dan Fungsional, serta pelaksana Kanwil, Kepala UPT se Eks Karesidenan Semarang dan jajarannya.

Sementara Kepala Divisi Administrasi, Anton Edward Wardhana dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kadiyono melaksanakan kegiatan serupa di TMP Surengrono Kabupaten Cilacap.

Ning S