blank
TANAM CEMARA - Ratusan bibit pohon cemara ditanam di kawasan Pantai Kuripan. (Foto: Diskominfo Batang)

BATANG (SUARABARU.ID) – Demi menjaga lingkungan hidup sekalgus memperingati Hari Lingkungan Hidup, Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Batang menanam ratusan bibit pohon cemara di Pantai Kuripan, Kecamatan Subah, Rabu (5/6/2024).

Kepala Kantor Pertanahan (ATR/ BPN) Batang Zumrotul Aini, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Ini adalah kontribusi kita dalam mengurangi emisi karbon. Setiap satuan kerja minimal menanam 100 pohon, dengan jenis pohon yang sesuai. Di pantai, cemara laut merupakan pilihan yang cocok,” jelas.

Konservasi menjadi fokus utama, terutama karena pantai Kuripan memerlukan perlindungan yang hingga saat ini belum terjamah oleh abrasi.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) juga melaksanakan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Kami ingin mencegah abrasi dan menjaga kelestarian lingkungan. Pantai Kuripan memiliki lebih dari 9.100 pohon cemara laut yang telah ditanam selama 11 tahun terakhir,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kuripan Wasduri, mengapresiasi upaya Kantor Pertanahan Kabupaten Batang yang menambah keindahan pantai Kuripan. Pantai ini memiliki ciri khas dengan banyaknya cemara laut di sekitarnya. “Meskipun pantai Kuripan sudah representatif, akses menuju lokasi wisata masih menjadi kendala,” ungkapnya.

Namun, Wasduri optimis bahwa jika akses tersebut diperbaiki, pantai Kuripan akan menjadi destinasi yang tak kalah menarik dengan pantai lain di Kabupaten Batang.

Nur Muktiadi