blank
General Manager Bandar Udara Adi Soemarmo Kol. Pnb Erick Rofiq Nurdin M. Han. Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Minat pengguna jasa penerbangan ke berbagai tujuan dari Bandara Adi Soemarmo mengalami peningkatan signifikan. Tercatat jumlah pergerakan penumpang (trafik) telah mencapai dikisaran 4.000 orang per hari.

Peningkatan yang berlangsung disebut-sebut tidak terlepas adanya penerbangan  langsung menuju ke Arab Saudi bagi mereka yang hendak melaksanakan ibadah umrah.

“Penerbangan langsung menuju tanah suci bagi mereka yang hendak melaksanakan umroh memberikan sumbangan terhadap meningkatnya trafik penumpang,” kata General Manager Bandar Udara Adi Soemarmo Kol. Pnb Erick Rofiq Nurdin M. Han, Senin (2/10/2023).

General Manager Bandar Udara Adi Soemarmo Kol. Pnb Erick Rofiq Nurdin M. Han menjelaskan, penerbangan langsung bagi yang hendak umroh baru dimulai 9 September 2023.  Diharapkan, jumlah pada masa mendatang akan semakin bertambah.

Sehingga akan meningkatkan jumlah pengguna jasa dari dan ke Bandara Adi Soemarmo. Sedangkan untuk penumpang domiestik belum da peningkatan signifikan  sehubungan belum ada rute baru yang dapat membuka bertambahnya jumlah penumpang.

Diakui, sekarang baru terdapat 20 penerbangan berangkat dan datang setiap harinya. Jumlah yang ada jauh telah mengalami peningkatan dari tahun 2021 dan 2022. Pihaknya berharap pada tahun 2024 jumlah penerbangan datang dan berangkat dapat mencapai angka 40 sehingga sama  dengan kondisi tahun 2019 atau sebelum pandemi.

”Melihat antusiasme masyarakat pengguna jasa penerbangan dan dukungan pemerintah daerah , pihaknya sedang berupaya membuka  sejumlah rute baru,” jelasnya .

Dikemukakan pula, pencapaian target diyakini secepatnya tercapai mengingat adanya sejumlah peluang. Diantaranya terbukanya akses menuju bandara Adi Soemarmo lewat darat yakni adanya jalan Tol dan kereta Bandara. Juga berpindahnya penerbangan ke New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulonprogo, dari semula di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta.

Bagus Adji