Ketua LPMK Irwan Loekito memberikan hadiah Sepeda Ayuh kepada salah satu pemenang yang beruntung dalam undian Jalan Sehat Keluarga di halaman Kantor Kecamatan Semarang Selatan, Minggu pagi (30/7/2023). Foto : Absa
SEMARANG (SUARABARU.ID) Ribuan warga Kelurahan Lamper Lor, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang mempelopori rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 78 di Kota Semarang, dengan Jalan Sehat Keluarga, di Kantor Kecamatan Semarang Selatan, Minggu (30/7/2023).
“Jadi mulai dari akhir Juli 2023 ini diawali dari (Kelurahan) Lamper Lor kemudian nanti tiap Minggu (di bulan Agustus) di semua kelurahan akan mengadakan kegiatan tujuh belasan (memperingati Hari Kemerdekaan RI),” jelas Ronny Cahyo Nugroho Camat Semarang Selatan, Kota Semarang.
Selain itu, lanjutnya, pihaknya merasa bangga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat kelurahan Lamper Lor, dengan memfasilitasi tempat dan segala sesuatunya yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam mengadakan kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI.
“Itu menunjukkan, bahwa kami sebagai aparat pemerintah dengan masyarakat merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, sehingga kebersamaan kita untuk menyambut tujuh belasan ini, menunjukkan kekompakan kita selaku warga (kecamatan) Semarang Selatan,” ungkap Ronny.
Dikatakan pula oleh Ketua Panitia Suyono, ratusan doorprize disiapkan panitia dalam kegiatan Jalan Sehat Keluarga tersebut, dengan doorprize utama mesin cuci dan sepeda ayuh, yang harganya jutaan rupiah.
Jalan Sehat keluarga ini merupakan pembukaan dari rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI. Salah satunya adalah Pekan Olahraga Kelurahan Lamper Lor, yang dikuti oleh semua warga kelurahan.
“Sampai saat ini masing-masing RW mengirimkan 4 kontingen. Mulai Catur, tenis meja dan bulutangkis,” jelasnya di depan Kantor Kecamatan Semarang Selatan.
Sedang peserta untuk lomba paling banyak, lanjut Ketua RW, adalah lomba mewarnai gambar yang diikuti oleh anak-anak, yang akan ditempatkan di ruang baca Kecamatan Semarang Selatan.
Dan untuk puncak acaranya akan dilaksanakan di tanggal 19 Agustus 2023 mendatang di Balai Kelurahan Lamper Lor.
Lurah Lamper Lor Noor Usman Hasan berharap, dengan adanya peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 78 itu, dapat meningkatkan kekompakan dan keguyuban warga Lamper Lor dengan kegiatan-kegiatan yang positif, sehingga dapat menciptakan kondisi yang aman dan kondusif di wilayah kerjanya.
“Jalan Sehat ini merupakan pembukaan rangkaian kegiatan memperingati Hari Kemerdekaan RI hingga berakhir pada 19 Agustus 2023 dan Jalan Sehat pagi hari ini diikuti oleh 2000 warga Lamper Lor,” terangnya.
Ketua Panitia Suyono, Ketua LPMK Irwan Loekito dan Lurah Lamper Lor Noor Usman Hasan serta Kasi Trantib Baron memencet tombol sirine pertanda dimulainya Jalan Sehat Keluarga peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 78 di Kantor Kecamatan Semarang Selatan,  Minggu pagi (30/7/2023). Foto : Absa
Ketua LPMK Kelurahan Lamper Lor Irwan Loekito, pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang berpartisipasi menyukseskan dan meramaikan kegiatan Jalan Sehat Keluarga tersebut dan rangkaian pekan olahraga kelurahan berikutnya.
“Jadi ini merupakan kegiatan besar yang melibatkan banyak masyarakat pertama kali pasca pandemi, yang dilaksanakan tahun ini. Untuk jaraknya, jalan sehat ini kira-kira jauhnya 3-4 kilometer. Rutenya dari Kantor Kecamatan, lewat (Jalan) Sompok Lama, Lamper Sari ke Lamper Krajan dan kembali lagi ke Kantor Kecamatan,” kata Irwan.
Untuk menghibur warga, imbuhnya, ditampilkan gelar budaya kelompok Barongsai dari kelompok Garuda Suci serta kuda lumping dan tari Leak, sebagai khasanah budaya.
“Kenapa pilih Barongsai, karena Barongsai merupakan salah satu wujud akulturasi budaya Tionghoa dan Indonesia. Dan pada tahun 2010 lalu, kesenian barongsai telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda Indonesia. Sekalian juga kita tampilkan kuda lumping dan tari Leak, untuk melengkapi tampilan Seno buadayanya,” tutur Irwan Loekito.
Absa