Peserta mengikuti donor darah dalam USM Peduli yang digelar di Auditorium Ir Widjatmoko USM pada 17 Juli 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka Dies Natalis Ke-36, Universitas Semarang (USM) menggelar USM Peduli dengan agenda pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah sukarela serta konsultasi psikologi gratis pada Senin (17/7) di Auditorium Ir Widjatmoko mulai pukul 08.30-16.00.

Kegiatan yang digelar USM bekerja sama dengan Kimia Farma Laboratorium & Klinik, Fakultas Psikologi USM, Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang serta UKM Pilus itu diikuti ratusan peserta.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah sukarela sudah rutin digelar setiap Dies Natalis USM.

“Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah sukarela sudah rutin digelar bekerja sama dengan Kimia Farma dan PMI Kota Semarang. Kegiatan ini sebagai upaya mendekatkan USM dengan masyarakat,”katanya.

Dia berharap, kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah sukarela ditambah dan program baru konsultasi psikologi gratis dapat digelar rutin.

“Saya berharap, kegiatan yang sudah rutin ini ditambah dengan kegiatan konsultasi psikologi gratis ke depan dapat digelar rutin. Sebab, kegiatan ini menjadi bukti institusi pendidikan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,”ungkapnya.

Koordinator Tim Kesehatan Kimia Farma USM, Reza Nazarudin Hidayat mengatakan, kegiatan yang diikuti ratusan peserta itu menyediakan layanan konsultasi dokter gratis, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah sukarela dan konseling psikologis gratis.

“Layanan pemeriksaan kesehatan gratismeliputi tensi darah, timbang berat badan, ukur tinggi badan, ukur indeks massa tubuh/BMI. Selain itu juga terdapat cek kolesterol, asam urat, gula darah, dan suntik vitamin C gratis untuk 25 peserta pertama,” ungkapnya.

Salah satu peserta pemeriksaan kesehatan gratis, Yunita berterima kasih dan merasa beruntung bisa mengikuti kegiatan ini.

“Saya berterima kasih bisa melakukan cek kesehatan secara gratis. Dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis ini sangat membantu saya dan banyak orang lain yang ingin mengakses layanan kesehatan secara secara gratis,” katanya.

Dia berharap kegiatan ini terus berlanjut dan mencakup lebih banyak masyarakat yang membutuhkan.

”Saya berharap pemeriksaan kesehatan gratis dari Universitas Semarang dan Kimia Farma dapat terus berlanjut dan lebih banyak orang mendapatkan manfaatnya,” tandasnya.

Muhaimin