Penandatanganan MoU UKSW dengan Yayasan Sosial Kristen Salib Putih, Rabu (05-07-2023) di D’emmerick Hotel Salib Putih Salatiga.. Humas UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) resmi menjalin kerja sama dengan tiga lembaga di bawah Sinode Gereja Kristen Jawa (GKJ) yakni Yayasan Sosial Kristen Salib Putih, PT Rumeksa Mekaring Sabda yang bergerak di bidang agrowisata, dan PT Rumeksa Mekaring Karya yang bergerak di bidang pertanian, Rabu (05/07/2023) siang.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., dan Ketua Yayasan Salib Putih Arief Sadjiarto, SE., M.Pd. Lainnya dengan Direktur Utama PT. Rumeksa Mekaring Sabda Ir. Dhodhiet Purwo, MM., MSi. dan Direktur Utama PT. Rumeksa Mekaring Karya Tri Susilo Budi di D’emmerick Hotel Salib Putih Salatiga.

Ikut mendampingi penandatanganan Nota Kesepahaman hari ini yakni Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (WR RIK) Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM., Ph.D (AFHEA) bersama Sekretaris Umum Sinode GKJ Pdt. Sundoyo, S.Si., MBA (Klasis Yogyakarta Selatan). Turut hadir juga dalam acara penandatangan kerja sama hari ini sejumlah pengurus tiga lembaga mitra.

Bentuk Formalisasi

Dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani hari ini, UKSW dan Yayasan Sosial Kristen Salib Putih sepakat bekerja sama dalam hal pengembangan surya panel melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kemudian dengan kedua lembaga lainnya dalam hal peningkatan kerja sama melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor UKSW (tengah) foto bersama dengan tiga lembaga mitra dalam acara penandatangan Nota Kesepahaman, Rabu (05-07-2023) di D’emmerick Hotel Salib Putih. Fot: Humas UKSW

Dalam sambutannya, Rektor Intiyas menyambut baik kerja sama antara UKSW dengan ketiga lembaga tersebut. Rektor Intiyas menyebutkan penandatanganan Nota Kesepahaman hari ini adalah bentuk formalisasi untuk akuntabilitas bersama.

“Sebenarnya praktiknya sudah kita lakukan sebelum adanya penandatanganan kerja sama hari ini. Terima kasih untuk semua hal yang boleh kami terima sebelum penandatanganan ini,” tuturnya.

Libatkan mahasiswa

Rektor Intiyas menambahkan, harapan ke depannya dengan adanya kerja sama ini ketiga lembaga tersebut dapat melibatkan mahasiswa UKSW dalam kegiatan atau acara yang mereka selenggarakan, tentunya harus sesuai dengan mata kuliah yang ditawarkan.

Di samping itu, ketiga lembaga ini pun menyambut baik jalinan kerja sama tersebut. Arief Sadjiarto mengungkapkan rasa percaya dan bangganya atas penandatangan Nota Kesepahaman antara UKSW dengan Yayasan Salib Putih.

Ungkapan senada disampaikan oleh Tri Susilo Budi. Pada prakteknya PT Rumeksa Mekaring Karya telah melakukan kerja sama dengan beberapa dosen di UKSW dalam merintis penelitian. Harapannya ke depan kerja sama ini dapat berkembang dan berjalan dengan lebih baik.

Lainnya, Ir. Dhodhiet Purwo berharap ada output yang baik untuk pengembangan bisnis di PT. Rumeksa Mekaring Sabda dan memberikan keuntungan juga bagi pihak UKSW.

“Saya berterima kasih atas penandatangan hari ini, semoga ke depan kedua belah pihak memperoleh benefit dalam kerja sama ini,” terangnya.

UKSW-wied