KH. Ahmad Marzuqi

JEPARA (SUARABARU.ID) – SD Negeri 1 Tubanan, kecamatan Kembang merupakan salah satu Sekolah Penggerak yang ada di kabupaten Jepara.Saat ini satuan pendidikan menggunakan Kurikulum Merdeka yang didalamnya terdapat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Sebagai puncak projeknya SD Negeri 1 Tubanan melaksanakan kegiatan gelar karya.

Siswa – siswi kelas 6 SDN 1 Tubanan yang dilepas

Untuk menutup pembelajaran tahun pelajaran 2022/2023 SD Negeri 1 Tubanan mengadakan kegiatan gelar karya P5 dan pentas seni bersamaan dengan penerimaan raport kelas I-V serta pelepasan siswa siswi kelas VI.

Kegiatan tersebut dilanjutkan pengajian umum yang dihadiri oleh K.H. Ahmad Marzuqi, SE, Sekretaris Dinas Dikpora kabupaten Jepara, Ali Hidayat, S.Pd. MM, Koordinator Satkordik kecamatan Kembang, Bapak Nasuka, S.Pd, komite sekolah, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, seluruh wali murid, serta warga sekitar lingkungan SD Negeri 1 Tubanan.

Sekretaris Dinas Dikpora kabupaten Jepara, Ali Hidayat, S.Pd.MM

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Tubanan, Supriyanto, S.Pd mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan gelar karya ini adalah untuk memotivasi guru dan siswa untuk berkarya menciptakan produk pembelajaran non akademik yang berguna bagi guru, siswa, sekolah, dan lingkungan sekolah.

Juga untuk melatih dan mendidik keterampilan terhadap siswa agar bersemangat dalam berkarya, memberikan informasi terhadap warga sekolah, stake holder tentang hasil karya siswa SD Negeri 1 Tubanan serta menjadikan siswa giat dalam menciptakan hal-hal baru yang belum pernah dilihat atau dipelajari sebelumnya.

Kegiatan gelar karya ini menyajikan hasta karya dari siswa siswi berupa berbagai macam benda dan produk makanan. Selain itu ada pentas seni yang menampilkan berbagai macam kreativitas siswa dalam menyanyi dan menari. Tidak ketinggalan juga penampilan rebana Roudhotul Jannah dari siswa siswi SD Negeri 1 Tubanan.

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Dikpora kabupaten Jepara, Ali Hidayat, S.Pd.MM sangat mengapresiasi kegiatan gelar karya P5 dan pentas seni kreativitas dari siswa-siswi beserta para guru SD Negeri 1 Tubanan yang merupakan salah satu Sekolah Penggerak di kabupaten Jepara.

Kegiatan gelar karya ini menyajikan hasta karya dari siswa siswi berupa berbagai macam benda dan produk makanan

Sedang Nasuka, S.Pd selaku Koordinator Satkordik kecamatan Kembang juga memberikan apresiasi untuk kegiatan hari ini. Ia berharap Sekolah Penggerak bisa menjadi motivator bagi sekolah-sekolah di sekitarnya serta dapat meningkatkan pendidikan agar menjadi sekolah yang maju dan berkualitas.

Setelah rangkaian kegiatan gelar karya, pentas seni, dan pelepasan siswa siswi kelas VI selesai, dilanjutkan pengajian dan mauidho hasanah yang disampaikan oleh K.H. Ahmad Marzuqi, SE. Ia memberikan nasehat kepada orang tua selalu mendoakan putra-putrinya agar menjadi anak yang berbakti, berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia, serta soleh dan soleha.

Demikian juga kepada para siswa harus selalu rajin belajar, berusaha, dan jangan tinggalkan doa, karena terwujudnya cita-cita merupakan hasil dari usaha dan doa.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian apresiasi (hadiah) kepada siswa-siswi kelas VI yang memperoleh peringkat 3 besar pada nilai ijazah, dan pembagian raport bagi siswa-siswi kelas I-V serta foto bersama.

Hadepe – Ikha Rahmawati