blank
Personel Babinsa dari Koramil-03 Ngadirojo Kodim 0728 Wonogiri, melakukan blusukan ke pasar untuk memantau stok Kepokmas dan memonitoring harganya.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Menjelang Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M, Babinsa dari Koramil-03 Ngadirojo Kodim 0728 Wonogiri, blusukan ke pasar untuk memantau aneka komoditas yang menjadi Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas).

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, pemantauan Kepokmas meliputi masalah ketercukupan stok komoditasnya dan harga jualnya. Ini sebagaimana dilakukan oleh Babinsa Serda Sidiq bersma Koptu Heru K dari Koramil-03 Kodim 0728 Wonogiri.

Hasil monitoringnya dilaporkan tidak terjadi Panic buying atau pembelian karena panik. Yakni tindakan membeli barang dalam jumlah besar, untuk mengantisipasi kenaikan harga atau karena dipicu oleh ketakutan akan terjadinya kelangkaan komoditas.

Komditas Kepokmas menjelang Lebaran Idul Fitri saat ini tersedia dalam stok yang cukup. Harganya pun juga relatif stabil, tidak ada yang mengalami lonjakan harga secara siginifikan. Pemasaran Kepokmas berjalan normal dan tidak terjadi Panic Buying dari masyarakat selaku konsumen.

Monitoring stok Kepokmas dan pemantuan harga yang dilakukan oleh personel Babinsa, ini menjadi salah satu tugas operasi militer selain perang (OMSP). Utamanya dalam membantu pemerintah daerah. Manakala menemukan kelangkaan komoditas, dapat segera dilakukan penanganan oleh yang berkompeten.

Pantuan komoditas Kepokmas, pernah dilakukan saat menjelang Bulan Ramadan yang lalu, dan sekarang kembali dilakukan ketika hari makin mendekati perayaan Lebaran Idul Fitri. Harapannya, stok Kepokmas berada dalam jumlah cukup, tidak terjadi kelangkaan atau menghilang dari pasaran.
Bersamaan pantauan tersebut. personel Babinsa mengimbau kepada para pedagang pasar, untuk menjaga kebersihan dan kerapian pajangan dagangan. Bila tampil bersih dan rapi, akan menjadi daya tarik bagi konsumen untuk datang berbelanja.
Bambang Pur