blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Regu Pramuka dari MTs Mathalibul Huda (MH) Mlonggo, Kabupaten Jepara, akan mewakili Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah maju ke Lomba Tingkat (LT) 5 tahun depan. LT5 adalah kompetisi antar tim Pramuka penggalang tingkat nasional, yang akan mempertemukan wakil terbaik seluruh provinsi di Tanah Air. Tiket maju ke kompetisi nasional itu didapat setelah mereka berhasil keluar sebagai juara umum LT4 Kwarda Jateng.

“Yang akan maju mewakili Kwarda Jateng adalah regu putri setelah mendapat predikat ‘Regu Putri Berprestasi Tinggi’ atau juara umum pada LT 4 yang berakhir 2 Desember 2022 lalu. Sedangkan regu putra belum berhasil, tapi kami sudah bangga usaha maksimal mereka mewakili Jepara lalu berada di peringkat keempat se-Jawa Tengah,” kata Kepala MTs MH Mlonggo Nor Kholik, Kamis (8/12/2022).

blank

Bagi keluarga besar MTs MH Mlonggo, pretasi ini benar-bemar disyukuri karena berhasil mengharumkan nama Jepara di tingkat provinsi, lalu regu putri berkesempatan mengibarkan nama daerah di tingkat nasional. Apalagi diraih dengan kerja keras siswa, pelatih dan pendamping, guru, hingga dukungan luar biasa dari orang tua siswa. Setelah dipastikan juara LT3 kabupaten lalu maju ke LT4 provinsi yang lalu, juga mendapat bantuan biaya pendaftaran dari Kwarcab Jepara.

“Dukungan dari orang tua siswa, baik regu putra maupun putri benar-benar membuat kami terharu. Sementara anak-anak tak mengenal lelah berlatih keras menguras tenaga, selalu menampilkan yang terbaik pada saat lomba,” tambah Nor Kholik bersama Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Budiyanto.

Untuk menjadi juara umum putri atau Regu Putri Berprestasi Tinggi, regu Pramuka Aster MTs MH Mlonggo meraih predikat Berprestasi Tinggi atau emas pada enam cabang lomba, yakni keterampilan dan tata laksana perkemahan; PBB bertongkat; manajemen perbekalan, packing, dan perjalanan; peta pita; serta peta perjalanan, langkah dan yel-yel Pramuka.

blank

Prestasi itu masih ditambah 3 perak atau predikat Berprestasi Baik pada cabang lomba tata laksana administrasi regu; hasta karya; serta performance dan kesigapan regu (PKR). Juga ditambah 3 perunggu atau Berprestasi Cukup pada cabang semaphore; masak rimba; dan pioneering.

Anggota regu Aster terdiri dari Kanaya Aulia Rizki Ramadhani, Alma Nur Muariffah ( kelas VII F), Bellinda Alan Bhaktia (VIII G), Sayyidah Nafisah (VIII F), Evelyna Fadhila Ardelia (VIII G), Ais Nailal Hiday, Muafa Azalia Pradita (IX F), dan Rahma Putri Aqila (IX G).

Di kelompok putra yang akhirnya peringkat 4, diraih 2 emas dari cabang peta perjalanan serta langkah dan yel pramuka. Berikutnya 6 perak dari cabang hasta karya, masak rimba; bivak; tata laksana administrasi regu; PBB Bertongkat; dan menaksir berat, serta tambahan 2 perunggu dari cabang pioneering serta keterampilan dan tata laksana perkemahan.

“Semoga bisa membawa nama baik Jawa Tengah di LT5, tingkat nasional. Perkiraan akan berlangsung Juni 2023 di Bupernas Cibubur, Jakarta Timur,” kata Nor Kholik.

Akl