Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Geyer, Grobogan sedang memeriksa instalasi pengolah kotoran ternak menjadi biogas. Insert Bripka Sulistiyono. Foto: Polres Grobogan,

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Polisi memang tidak hanya menjalankan tugasnya sebagai penjaga kamtibas (keamanan dan ketertiba masyarakat) belaka. Polisi sekarang itu sangat multitasking. Seperti yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Geyer, Polres Grobogan Bripka Sulistiyono yang memanfaatkan kotoran sapi jadi biogas.

Bripka Sulistiyono yang Bhabinkamtibmas Polsek Geyer itu punya wilayah desa binaan di Desa Kalangbancar, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan. ini memanfaatkan kotoran sapi menjadi biogas.

Bripka Sulistyono mengaku, menemukan inovasi baru untuk biogas dari kotoran sapi tersebut untuk menjadi bahan bakar alternatif di tengah harga elpiji yang makin mahal. Bripka Sulistyono menyebut, pembuatan biogas dari kotoran sapi ini dipelajari dari sebuah tutorial akun media sosial.

“Saya sempat gagal Ketika praktik membuat biogas ini,” tutur Bripka Sulistyono.

Namun, hal itu tidak membuat Sulistyono patah semangat. Justru dirinya tetap mencoba meskipun harus membutuhkan waktu beberapa bulan dan sempat gagal sebanyak tiga kali.