Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri (HMPSTI) mengadakan seminar Psikologi Industri

JEPARA(SUARABARU.ID) –Sebagai seorang mahasiswa, tuntutan dunia saat ini tidak hanya pandai dalam kemampuan teknis (hardskill) namun juga kemampuan softskill juga akan mendukung kesuksesan dalam dunia industri setelah lulus.

Hal itu pula yang mendorong Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri (HMPSTI) mengadakan seminar yang bertajuk Psikologi Industri pada Sabtu (26/03). Sebagai pemateri dalam seminar tersebut adalah Darmawan Wicaksono, M.Psi. pendiri Biro Psikologi Terapan Jepara.

Gunawan Mohammad, Ketua Program Studi Teknik Industri Unisnu Jepara

Acara ini merupakan acara puncak dari serangkaian acara Dies Natalis HMPSTI ke-8. Sebelumnya sudah dilakukan lomba Industrial Esport Competition, Kompetisi Cipta Puisi, dan Lomba Poster Digital tema Modernisasi Industri yang pada moment ini sekaligus penyerahan hadiah juara lomba”, terang Dyah Ayu selaku ketua HMPSTI Unisnu Jepara

Gunawan Mohammad, Ketua Program Studi Teknik Industri Unisnu Jepara saat memberikan sambutan pada acara ini mengungkapkan, dalam Teknik Industri  mempelajari  pengelolaan sumber daya. baik manusia, mesin, material, dan informasi menjadi hal yang penting.

Darmawan Wicaksono, M.Psi. pendiri Biro Psikologi Terapan Jepara

Sementara Darmawan Wicaksono, M.Psi. pendiri Biro Psikologi Terapan Jepara dalam paparannya menjelaskan pentingnya Psikologi dalam Organisasi mulai dari rekrutmen seleksi, training, ergonomi, komunikasi, kepemimpinan, kelompok & tim kerja, dan seterusnya.

“Mau jadi apa nanti yang diangankan persiapkan dari sekarang, dengan bekal yang dibutuhkan untuk menuju impian yang kita harapkan. Buatlah mind mapping dan timeline yang jelas. Karena dunia industri saat ini tidak cukup hanya bekal materi kuliah tapi keahlian yang sesuai dengan bidang yang dituju juga penting” tegas Darmawan.

Penyerahan hadiah bagi pemenang

“Rencanakan hidup kalian, sedetail mungkin. Kalau ketemu masalah, selesaikan. Jangan lari dari masalah. Karena itu yang membentuk mental kita dalam dunia”, tambahnya.

Dengan adanya acara ini, diharapkan mahasiswa semakin jelas arah dan tujuan ke depan nanti saat dan semakin kuat mental menghadapi dunia kerja.

Untuk juara Lomba Poster diraih oleh.Chafid Ulil Yusuf (Jepara), Welly Martin Marbun (Jakarta Timur)  dan Ade Krisna Setiawan (Tegal). Sedang lomba Cipta Puisi adalah Muhammad Ulil Abshor (Prodi DP), Milfa Latifa (Prodi BP) serta Kumaidatun Nisfiyah (Prodi PAI). Sementara juara Esport yaitu  Samsung Galaxy A, Wkwk serta Samsung Galaxy B.

Alvaros – gun boy