River Tubing di Desa Tempur

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ada yang lagi ngetrend di Desa Tempur, Kecamatan Keling. Saat ini pengunjung dapat menikmati River Tubing atau wisata mengarungi sungai (sisir sungai) dengan menggunakan ban (tube).

Kegiatan ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bersama dengan pemuda RW 2 Dukuh Petung, Desa Tempur. Mereka menyiapkan fasilitas River Tubing untuk wisatawan yang ingin menguji adrenalin sambil menikmati panorama alam yang eksotis.

Menurut Ahmad Junaidi, pengiat wisata Desa Tempur, River Tubing tidak seperti perahu karet, Tubing berada di level kesulitan sedang. Olehnya, olahraga ini bisa dilakukan oleh semua kalangan, meskipun baru pertama kali mencobanya. “Namun demikian, harus tetap berhati-hati menjaga keselamatan,” ujarnya.

Untuk menjaga keselamatan pengunjung, sebelum melakukan River Tubing, wisatawan diwajibkan untuk memakai peralatan keselamatan, seperti jaket pelampung, helm (pelindung kepala), pelindung lutut, serta pelindung siku. Semuanya sudah disedikan pengelola wisata.

“Body protector dari kepala hingga kaki ini, menjadi syarat mutlak untuk olahraga River Tubing ini. Semuanya sudah kami siapkan,” katanya.

Wahana ini menawarkan rute pengarungan sepanjang 2 kilometer dengan waktu tempuh 1 hingga 2 jam perjalanan. Para wisatawan tidak perlu berjalan jauh untuk mencapai bibir sungai lokasi tubing. Karena lokasi awal berada di bawah Jembatan Pelangi (Kaliombo), yang menjadi jalur utama memasuki Desa Tempur.

“Arus sungai deras dan kontur bebatuan sungai yang membentuk jeram sangat asik untuk dilalui. Cukup memacu adrenalin bagi yang baru bermain di sungai,” tutur Junaidi.

Selain itu, yang membedakan dengan River Tubing lainnya, sepanjang perjalanan susur sungai wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang eksotis. Tebing tinggi yang dilalui memanjakan mata selama perjalanan.

Saat ini juga sudah disediakan alat tubing lengkap beserta dokumentasi pengarungan. Selama pengarungan, peserta didampingi para instruktur, untuk menjaga keamanan dan keselamatan mereka. “Kemudian, di akhir perjalanan juga akan disajikan kopi khas tempur juga berbagai macam jajanan tradisional,” ungkap Ahmad Junaidi

Bagi pengunjung, reservasi (pemesanan) dibuka setiap hari. “Namun biasanya ramai pada hari Sabtu dan Minggu. Dalam setiap kelompok trip terdiri dari 10 hingga 15 orang. Untuk biaya saat ini, tiap orang dikenakan Rp60 ribu hingga Rp80 ribu rupiah.,” tuturnya

“Untuk Rp 60 ribu mendapat faslitas sewa alat, kopi dan jajanan tradisional. Sedangkan Rp 80 ribu rupiah dengan fasilitas sewa alat, kopi, jajanan, dan makan. Tinggal memilih paket yang diinginkan,” kata dia.

Namun bagi wisatawan yang hanya ingin sekedar mandi di sungai, juga tersedia spot yang menarik di sepanjang sungai Desa Tempur. Sejuknya udara pegunungan, serta derasnya air sungai sangat melegakan untuk melepas kepenatan.

Dian Ardiyansah, seorang wisatawan dari Kendal.  Seusai menikmati river tubing mengungkapkan air di sini masih bersih dan jarang sekali ditemukan sampah. Ditambah dingginya air sungai, memberi kesegaran tersendiri.

Hadepe