Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memimpin upacara penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri tahun 2020/2021, di Lapangan Pengayom SPN, Purwokerto. Foto: Dok/ist

PURWOKERTO (SUARABARU.ID) – Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Luthfi memimpin upacara penutupan Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri tahun 2020/2021, di Lapangan Pengayom SPN, Purwokerto, Senin (28/6/2021).

Pada kesempatan tersebut, Luthfi menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada 457 siswa yang resmi dilantik.

“Saya selaku pimpinan Polri, mengucapkan selamat kepada para Bintara Remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pembentukan Bintara Polri tahun 2020/2021, yang pada hari ini secara resmi dilantik menjadi anggota Polri, dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua,” kata Luthfi saat membacakan amanat Kapolri.

Menurut Luthfi, dengan dilantiknya ratusan siswa tersebut, Polri telah menambah personel golongan pangkat Bintara sebanyak 11.198 orang, yang terdiri dari 10.638 polisi laki laki dan 560 polisi wanita.

“Hal ini tentunya menjadi suatu kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal,” ujar Luthfi.

Diharapkan, dengan bertambahnya jumlah personel, penyebaran pelayanan publik dan kehadiran polisi bisa semakin dirasakan dan bermanfaat untuk masyarakat luas.

Luthfi berpesan kepada para Bintara untuk selalu menjalankan tugasnya dengan baik, dan menjaga segala sikap, tutur kata dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat. Menurutnya, personel yang baru dilantik ini adalah garda terdepan Polri yang bersentuhan langsung dengan publik.

Luthfi juga menekankan, dalam menjalankan tugas, personel berpegang teguh nilai Tribrata dan Catur Prasetya, memahami tugas, menegakkan supremasi hukum, dan menjalin persaudaraan dengan Pemerintah, TNI, serta seluruh elemen masyarakat.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M. Iqbal Al-Qudusy mengungkapkan, selama menjalani pendidikan dan pembentukan, para Bintara dididik untuk menjadi personel kepolisian yang memiliki integritas dan karakter saat menjalankan tugasnya.

“Membentuk Bintara Polri yang berkarakter kebhayangkaraan, sehat jasmani dan rohani, profesional, serta berintegritas dalam pelaksanaan tugas Polri,” tandas Iqbal.

Iqbal berpesan kepada Bintara yang baru dilantik untuk segera menjalankan tugasnya dengan baik. Terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 atau virus corona saat ini.

“Para Bintara harus segera mengimplementasikan seluruh ilmu yang didapatkan saat mengenyam bangku pendidikan. Terutama membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi virus corona saat ini,” tutup Iqbal.

Ning

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini