Kepala SMA Negeri 1 Wonosobo, Sabar Riyanto (tengah) didampingi Pengawas SMA Danang Kusumanto (kiri) dan Ketua Komite SMAN1 Mustangin. Foto: Sudarman

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Kepala SMA Negeri 1 Wonosobo, Sabar Riyanto SPd MT menyatakan, pihaknya saat ini sudah siap melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka. Hal itu disampaikan pada acara sosialisasi pembelajaran tatap muka.

Sosialisasi dihadiri Satgas Covid 19 Wonosobo, Pengawas SMA Cabang Dinas Pendidikan Jateng Wilayah IX Drs H Danang Kusumanto MSi, perwakilan orang tua siswa, komite sekolah, dan lainnya.

Uji coba pembelajaran tatap muka direncanakan berlangsung dua minggu, 5 sampai 16 April 2021. Siswa yg mengikuti sebanyak 110 anak kelas X. Tiap kelas hanya menampung 11 siswa. Para siswa yang mengikuti kegiatan itu merupakan murid terpilih dengan kategori resiko terendah.

Mengenai sarana prasarana ýang dibutuhkan, lanjut Sabar Riyanto, sudah disiapkan sejak lama. Diantaranya kran air bersih sebanyak 63 buah lengkap dengan sabun maupun tisu; masker dan lainnya. Para guru dan karyawan sekolah juga sudah divaksin.

Dia menjelaskan,  pembelajaran tatap muka dilaksanakan selama dua jam, mulai pukul 08.00-10.00 WIB tanpa istirahat.

Imbas Positif

Pengawas SMA Drs Danang Kusumanto MSi menyebut perlu dukungan lintas sektoral untuk keberhasilan kegiatan tersebut. Kesuksesan SMA Negeri I melaksanakan pembelajaran tatap muka akan berimbas positif pada sekolah lain di daerah ini. Demikian pula sebaliknya, bisa menghambat sekolah lain.

Perwakilan orang tua siswa, Agus Wibowo menyambut baik kegiatan tersebut. Dia optimis dan minta sekolah tidak usah gamang dan takut melaksanakannya.

Sudarman-wied