Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) Suliswiyadi. Foto: suarabaru.id/ Yon

MAGELANG (SUARABARU.ID) –  Pandemi covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir, tidak  menghentikan program pertukaran  mahasiswa  antara  Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) dengan Khon Kaen Business School, Thailand.

”Karena masih terjadi pandemi covid-9, maka program pertukaran mahasiswa tersebut dilakukan secara virtual. Sepuluh orang mahasiswa Unimma, meskipun mengikuti perkuliahan di Khon Kaen Business School,  tetapi mereka tetap berada di Indonesia,”  kata Rektor Unimma, Suliswiyadi.

Suliswiyadi mengatakan, pelaksanaan program pertukaran mahasiswa pertukaran mahasiswa tahun ini ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Pada tahun ini pertukaran mahasiswa tersebut dilakukan secara virtual. Sedangkan sebelumnya, para mahasiswa yang mengikuti program tersebut benar-benar berada di universitas di luar negeri yang menjadi tujuan pertukaran mahasiswa tersebut,” katanya.

Menurutnya, ke-10 mahasiswa Unimma yang mengikuti program pertukaran mahasiswa tersebut  terdiri atas tujuh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis  dan tiga mahasiswa Fakultas Psikologi dan Humaniora.

Mereka  akan mengikuti perkuliahan secara virtual  di Khon Kaen Business School, Thailand selama  satu semester mulai 21 Desember 2020 sampai 21 April 2021 mendatang.

Suliswiyadi mengatakan, pertukaran mahasiswa  yang dilakukan Unimma tersebut dalam upaya untuk terus mengembangkan diri, meningkatkan kualitas dan relevansi dari Unimma.

“Kerja sama Unimma dengan perguruan tinggi di luar negeri terus memberikan peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan, memperluas akses dan memperkuat jejaring,” ujarnya.

Ia berharap agar para mahasiswa tersebut, bisa menambah wawasannya tentang dunia luar dan budaya negara lain.Selain itu juga untuk memperbaiki kemampuan bahasa asing dan yang paling penting memperluas kesempatan untuk diterima kuliah atau bekerja di luar negeri nantinya.

Yon-trs