Babinsa Kalisalak Sertu Jamilan melakulan penyemprotan disinfektan.Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Desa Kalisalak,  Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang,  gencar melakukan sosialisasi tentang penerapan protokol kesehatan 3M, yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Upaya itu dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Desa Kalisalak.

Kepala Desa Kalisalak H Abdul Khamid menuturkan, pihaknya juga melakukan upaya lainnya, yakni dengan penyemprotan desinfektan ke lingkungan rumah warga.

Ditambahkan, pihaknya juga memberikan imbauan agar seluruh RT melakukan penyemprotan desinfektan serta menyediakan bak pencuci tangan. Itu agar penerapan protokol kesehatan bisa maksimal.

Dengan gencarnya sosialisasi yang dilakukan, pihaknya berharap kesadaran masyarakat untuk rajin mencuci tangan, memakai masker, serta menjaga jarak meningkat.

“Kami sebatas mengimbau sesuai dengan prosedur yang ada kepada masyarakat tentang 3M tersebut, sesuai dengan petunjuk yang ada. Jadi iya atau tidak dilakukan kami kembalikan kepada warga masyarakat itu sendiri,” tandasnya.

Ditambahkan, pihak desa bekerja sama dengan Babinsa Kalisalak dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19 itu mendapat dukungan dari warga. Seperti yang dilakukan hari ini Jumat (6/11), penyemprotan desinfektan dilakukan di Dusun Jurang.

Sertu Jamilan Babinsa Kalisalak menuturkan, sesuai arahan pimpinan, babinsa senantiasa mendukung dan membantu pemerintah desa dalam menghadapi pandemi covid-19.

“Penyemprotan setiap RT, itu dilakukan keliling untuk memutus penyebaran covid-19,” jelas Jamilan.

Dengan dilakukannya penyemprotan dan masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi 3M diharapkan warga Kalisalak akan terhindar dari virus corona yang masih melanda.

Eko Priyono