blank
SOSIALISASI PROKES - TNI-POLRI melakukan sosialisasi Prokes dengan kostum tokoh pewayangan. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Jajaran TNI-Polri dan Pemerintah Kota Tegal, melakukan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) dengan menggunakan kostum tokoh pewayangan punokawan dan Arjuna menyisir warga masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker di tempat umum, Jumat (28/8/2021).

Mengawali kegiatan, lima personil dari Polres Tegal Kota yang dipimpin oleh Waka Polres Tegal Kota, Kompol Joko Wicaksono dengan menggunakan kostum Arjuna didampingi Punokawan membagikan masker menarik perhatian pengunjung Pasar Pagi Kota Tegal.

Beberapa menit kemudian, Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari Wibowo, Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, Komandan Lanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis tiba di Pasar Pagi Kota Tegal,
menginplementasikan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 dengan sosialisasi protokol kesehatan terhadap pengunujung Pasar Pagi Kota Tegal.

Rombongan TNI-Polri memberikan hukuman kepada beberapa pengunjung Pasar Pagi yang tidak memakai masker dengan push up maupun menghafal Pancasila sesuai keinginan.

“Untuk lebih mendisiplinkan lagi masyarakat untuk menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan,” kata Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari.

Dandim 0712 Tegal, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar mengatakan, nantinya bagi warga yang masih membandel bisa dijatuhi sanksi.

“Ada tahapan mulai dari pembinaan hingga terakhir sanki administrasi. Sebelum diterapkan sanksi, terus menerus kita mengingatkan,” kata Sutan.

Komandan Lanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, menambahkan, upaya sosialisasi dan penegakan disiplin akan terus dilakukan.

“Termasuk memasang spanduk untuk terus mengingatkan masyarakat agar kemana mana selalu disiplin protokol kesehatan seperti menggunakan masker,” pungkas Aziz.

Usai sosialisasi prokes di Pasar Pagi, Kapolres, Dandim dan Dan Lanal dengan mengendarai sepeda motor menuju Pasific Mall melakukan hal yang sama.///

Nino Moebi