blank
Petugas mengevakuasi motor milik korban yang terlibat dalam insiden kecelakaan tersebut. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Peristiwa kecelakaan mengagetkan warga yang melintas di jalan raya Purwodadi- Blora, tepatnya di depan SPBU Mayahan, Kecamatan Tawangharjo, Rabu (26/8/2020). Dalam insiden itu, sebuah motor matik rusak parah setelah tertabrak truk engkel, dan pengendaranya tewas.

Dari informasi yang dihimpun, insiden yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB itu diawali adanya sepeda motor matik nopol K 5993 BAF yang dikemudikan Ngaliman (50), warga Kecamatan Godong, melaju dari arah barat ke arah timur dengan kecepatan sedang.

Sesampainya di dekat lokasi kejadian, Ngaliman bermaksud mendahului kendaraan yang berada di depannya dari sisi sebelah kiri hingga turun ke bahu jalan. Setelah mendahului kendaraan tersebut, ia bermaksud untuk mengembalikan kemudinya ke badan jalan.

“Namun, pada saat hendak naik ke badan jalan, pengendara sepeda motor tersebut tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya hingga masuk ke jalur berlawanan atau sisi sebelah selatan,” jelas Kanit Laka Lantas Iptu Candra Bayu Septi, saat dikonfirmasi.

blank
Petugas mengatur lalin pasca insiden laka di depan SPBU Mayahan. Foto: hana eswe/ist.

Pada saat bersamaan, muncul truk bernopol K 9703 BP yang dikemudikan Ichwan (48) warga Kecamatan Tawangharjo dari arah timur ke barat dengan kecepatan sedang. Pengemudi truk sempat mengerem hingga ban belakang sebelah kiri turun ke bahu jalan. Namun, jarak yang dekat, tabrakan tidak dapat dihindarkan. Pengendara sepeda motor tersebut terjatuh di badan jalan.

Kejadian ini langsung dilaporkan ke Polsek Tawangharjo dilanjutkan ke unit Laka Lantas Polres Grobogan. Adanya informasi tersebut, petugas kepolisian bersama tim medis langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi dan olah TKP.

Dikatakan Iptu Candra, insiden laka lantas ini diakibatkan kurangnya hati-hati pengendara sepeda motor saat mendahului kendaraan yang ada di depannya. Usai kejadian, korban dilarikan ke RSUD dr Soedjati Purwodadi.

“Korban langsung dilarikan ke RSUD dr Soedjati Purwodadi. Untuk motor korban mengalami kerusakan di bagian besi rangka tengah yang bengkok ke dalam, lampu depan pecah, slebor depan penyok. Untuk KBM Truck rusak bemper depan kanan penyok, lampu depan kanan dan lampu sein kanan depan pecah, body depan kanan penyok,” jelas Iptu Candra.

Sementara itu, korban dinyatakan meninggal dunia setelah sempat dirawat di RSUD dr Soedjati Purwodadi. Adanya insiden ini, Iptu Candra kembali mengimbau kepada warga agar berhati-hati saat mengemudikan kendaraannya. Terutama saat melintas di jalur Jalan Raya Purwodadi-Blora.

“Kami mengimbau kepada warga agar berhati-hati dalam berkendara. Perhatikan kecepatan saat melaju dan menyalip kendaraan tetap konsentrasi,” pungkasnya.

Hana Eswe-Wahyu