JAKARTA(SUARABARU.ID)-Kantor imigrasi di seluruh Indonesia melayani total 9.857 pemohon paspor pada hari kerja pertama pasca libur Idul Fitri 1446 H, Selasa (08/04/2025).
Pelaksana Tugas (Plt) Direktorat Jenderal Imigrasi, Saffar Muhammad Godam menegaskan bahwa Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi siap memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat di hari kerja pertama setelah libur Idul Fitri 1446 H.
“Jajaran Ditjen Imigrasi telah melakukan sidak ke 12 Kantor Imigrasi. Alhamdulillah, pelayanan sudah berjalan optimal. Baik dari kesiapan petugas maupun sarana dan prasarana yang ada,” ungkap Godam.

Selain pelayanan paspor, Ditjen Imigrasi juga memastikan bahwa pelayanan visa dan izin tinggal sudah beroperasi optimal. Masyarakat sudah bisa mendapatkan pelayanan keimigrasian secara normal.
“Jumlah visa pada tanggal 28 Maret hingga 7 April 2025 mencapai 217.695 permohonan. Pada Selasa, 8 April 2025, jumlah visa dan izin tinggal yang sudah diselesaikan yaitu 12.770 permohonan,” bebernya.
Pelayanan Baik
Godam menambahkan, pelayanan di tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) bandara dan pelabuhan internasional berjalan dengan baik selama libur dan cuti bersama Idul Fitri dan hari raya Nyepi.
Sepanjang 28 Maret hingga 7 April 2025, tercatat sebanyak 1.623.369 perlintasan di TPI seluruh Indonesia. Selama waktu tersebut petugas Kantor Imigrasi siap siaga melayani permohonan paspor maupun visa.
“Petugas di tempat pemeriksaan Imigrasi juga menunjukkan performa yang sangat baik selama liburan panjang, mengingat tingginya lalu lintas di bandara dan pelabuhan internasional dalam periode tersebut,” katanya.
Optimalisasi pemeriksaan keimigrasian, lanjutnya, juga didukung dengan autogate, sehingga proses kedatangan dan keberangkatan penumpang berjalan lancar dan terhindar dari penumpukan.
Dirinya menegaskan bahwa Ditjen Imigrasi berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat, termasuk di masa libur lebaran 2025.
“Kami memastikan bahwa seluruh permohonan yang diajukan selama periode libur tetap diproses dengan cepat, tepat dan transparan. Pelayanan kepada masyarakat adalah prioritas utama kami, tanpa mengenal hari libur,” pungkasnya.
Muharno Zarka