JAKARTA (SUARABARU.ID) – Merayakan 40 tahun kiprahnya di industri kecantikan halal, ParagonCorp mengusung kampanye #RayakanUsahaBaik sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku usaha mikro di Indonesia, Rabu (19/3/2025).
Kampanye ini bertujuan untuk mengapresiasi dan memperkuat ekosistem UMKM halal agar lebih berdaya saing dan berkelanjutan. Salah satu inisiatif utama dalam kampanye ini adalah fasilitasi sertifikasi halal gratis bagi 4.040 UMKM, yang dilakukan melalui kolaborasi dengan BPJPH Halal Center.
Untuk mempercepat pertumbuhan UMKM halal, ParagonCorp mengadakan program Pelatihan UMKM: Rayakan Usaha Baik, sebuah forum edukatif yang mempertemukan pelaku usaha dengan para ahli industri, regulator, dan mitra bisnis yang berlangsung di Masjid Raya Bintaro Jaya.
Pelatihan UMKM ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman UMKM tentang pentingnya sertifikasi halal,
memberikan apresiasi kepada UMKM yang telah memperoleh sertifikasi halal, membangun kolaborasi lintas sektor guna memperkuat ekosistem bisnis halal.
Selain itu untuk menggaungkan kampanye #RayakanUsahaBaik sebagai wujud penghargaan atas usaha yang memberikan manfaat bagi masyarakat.
Sebagai bagian dari acara ini, sesi talkshow menghadirkan berbagai pemangku kepentingan untuk berbagi wawasan dan inspirasi bagi pelaku UMKM:
Rahmadi, S.Sos, M.Si (Asisten Deputi Legalitas dan Pelindungan Usaha Mikro) menegaskan, UMKM memiliki peran penting dalam ketahanan ekonomi nasional. Dukungan terhadap sertifikasi halal menjadi langkah strategis agar UMKM semakin kompetitif dan mampu menembus pasar yang lebih luas. Kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan komunitas sangat dibutuhkan untuk mewujudkan ekosistem bisnis halal yang berkelanjutan.
Sementara itu A. Miftahuddin Amin (EVP & Chief of People and Business Ecosystem Development ParagonCorp) menyampaikan, ParagonCorp percaya bahwa usaha kecil yang dimulai dengan niat baik dapat memberikan dampak besar.
“Dengan inovasi dan digitalisasi, UMKM dapat lebih cepat beradaptasi dan berkembang dalam ekosistem bisnis halal. Kampanye #RayakanUsahaBaik adalah ajakan bagi kita semua untuk menghargai setiap langkah kecil yang membawa manfaat besar,” ungkapnya.
Brand Ambassador Wardah & Pengusaha, Dhini Aminarti menambahkan, dalam membangun usaha, niat baik adalah kunci utama. “Dengan berpegang pada nilai-nilai Islam dan gaya hidup halal, UMKM dapat berkembang lebih berkelanjutan. Pemanfaatan platform digital juga menjadi strategi penting agar UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas.” sebutnya.